Rofi’uddin dan Zuhdi menyatakan bahwa pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah dasar, siswa memperoleh pengalaman penciptaan, pada saat tertentu siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan sendiri baik berupa narasi maupun tulisan yang berkenaan dengan cerita pengalaman.
Oleh:
Fina Fitriana, S.Pd. Gr.
Faisal Azmi Bakhtiar M.Pd. Gr.
Fina Fitriana, S.Pd. Gr.
Faisal Azmi Bakhtiar M.Pd. Gr.
Penggunaan strategi yang tepat merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran yang aktif sangat dibutuhkan oleh siswa. Strategi pembelajaran yang aktif dapat menjadi pengalaman yang bermakna bagi siswa. Selain itu pembelajaran yang aktif juga dapat melatih dan mengembangkan sikap siswa pada proses pembelajaran. Menurut Hamzah & Mohamad, strategi pembelajaran yang aktif dalam proses pembelajaran adalah siswa diharapkan aktif terlibat dalam kegiatan terlibat dalam kegiatan pembelajaran untuk berpikir, berinteraksi, berbuat untuk mencoba, menemukan konsep baru atau menghasilkan suatu karya. Dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran aktif memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri sehingga meningkatkan daya pikir, mengembangkan sikap dalam berinteraksi dan keterampilan dalam belajar.
Menurut Siregar dan Nara, pembelajaran aktif (active learning) dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh siswa, sehingga semua siswa dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Dapat dikatakan bahwa active learning menekankan pengoptimalan pada potensi yang dimiliki siswa agar proses pembelajaran bermakna sehingga hasil belajar yang diharapkan tercapai. Adapun komponen-komponen strategi active learning terdiri atas berikut ini:
Menurut Siregar dan Nara, pembelajaran aktif (active learning) dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh siswa, sehingga semua siswa dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Dapat dikatakan bahwa active learning menekankan pengoptimalan pada potensi yang dimiliki siswa agar proses pembelajaran bermakna sehingga hasil belajar yang diharapkan tercapai. Adapun komponen-komponen strategi active learning terdiri atas berikut ini:
- pengalaman,
- Interaksi,
- komunikasi,
- refleksi.
Langkah-langkah Pelaksanaan Strategi Active Learning Tipe Writing In The Here and Now
Rofi’uddin dan Zuhdi menyatakan bahwa pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah dasar, siswa memperoleh pengalaman penciptaan, pada saat tertentu siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan sendiri baik berupa narasi maupun tulisan yang berkenaan dengan cerita pengalaman. Kesempatan untuk menulis narasi berguna bagi keterampilan menulis dan juga berpengaruh untuk pembiasaan berpikir sistematis dan kreatif, sebab pengalaman menulis akan memberi pengalaman yang lebih terhadap penulis itu sendiri karena mereka melakukan sendiri dan secara langsung.
Rofi’uddin dan Zuhdi menyatakan bahwa pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah dasar, siswa memperoleh pengalaman penciptaan, pada saat tertentu siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan sendiri baik berupa narasi maupun tulisan yang berkenaan dengan cerita pengalaman. Kesempatan untuk menulis narasi berguna bagi keterampilan menulis dan juga berpengaruh untuk pembiasaan berpikir sistematis dan kreatif, sebab pengalaman menulis akan memberi pengalaman yang lebih terhadap penulis itu sendiri karena mereka melakukan sendiri dan secara langsung.
Strategi writing in the here and now membutuhkan suasana kelas yang tenang dan santai yaitu ketika siswa menentukan gagasan yang ingin dikembangkan melalui pengalaman yang telah diperoleh selama kehidupannya dapat berjalan dengan lancar. Menurut Silberman (2012: 198) menyatakan langkah-langkah pembelajaran menulis narasi yang dilakukan melalui strategi writing in the here and now.
- Siswa mendiskusikan tema yang ingin mereka tulis.
- Siswa menghidupkan kembali atau merefleksikan pengalamannya pada saat itu juga.
- Siswa mempersiapkan selembar kertas dan alat tulis.
- Siswa menciptakan suasana tenang. Kemudian guru meminta siswa memejamkan mata, lalu siswa diminta untuk mengingat dan membayangkan pengalaman yang telah mereka pilih.
- Siswa menuliskan sebanyak mungkin hal-hal atau detail-detail dari pengalaman yang mereka
- bayangkan ke dalam kertas yang telah mereka sediakan.
- Siswa membuat puisi dari catatan yang telah mereka buat.
- Siswa bersama-sama dengan guru melakukan penyuntingan.
Kelebihan Strategi Writing In The Here and Now
Strategi writing in the here and now (menulis pengalaman secara langsung) ini mempunyai beberapa kelebihan:
Strategi writing in the here and now (menulis pengalaman secara langsung) ini mempunyai beberapa kelebihan:
- Melatih dan mempertajam daya imajinasi siswa.
- Meningkatkan kreativitas siswa.
- Meningkatkan semangat dan kemampuan siswa dalam menulis.
- Meningkatkan pemahaman siswa terhadap pesan inti materi pelajaran.
- Menghubungkan materi pelajaran dengan realitas kehidupan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar