Kamis, 09 Maret 2017

HAKIKAT STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE WRITING IN THE HERE AND NOW (PDF)

Rofi’uddin dan Zuhdi menyatakan bahwa pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah dasar, siswa memperoleh pengalaman penciptaan, pada saat tertentu siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan sendiri baik berupa narasi maupun tulisan yang berkenaan dengan cerita pengalaman.



Oleh:
Fina Fitriana, S.Pd. Gr.
Faisal Azmi Bakhtiar M.Pd. Gr.

Penggunaan strategi yang tepat merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran yang aktif sangat dibutuhkan oleh siswa. Strategi pembelajaran yang aktif dapat menjadi pengalaman yang bermakna bagi siswa. Selain itu pembelajaran yang aktif juga dapat melatih dan mengembangkan sikap siswa pada proses pembelajaran. Menurut Hamzah & Mohamad, strategi pembelajaran yang aktif dalam proses pembelajaran adalah siswa diharapkan aktif terlibat dalam kegiatan terlibat dalam kegiatan pembelajaran untuk berpikir, berinteraksi, berbuat untuk mencoba, menemukan konsep baru atau menghasilkan suatu karya. Dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran aktif memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri sehingga meningkatkan daya pikir, mengembangkan sikap dalam berinteraksi dan keterampilan dalam belajar.
Menurut Siregar dan Nara, pembelajaran aktif (active learning) dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh siswa, sehingga semua siswa dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Dapat dikatakan bahwa active learning menekankan pengoptimalan pada potensi yang dimiliki siswa agar proses pembelajaran bermakna sehingga hasil belajar yang diharapkan tercapai. Adapun komponen-komponen strategi active learning terdiri atas berikut ini: 
  1. pengalaman, 
  2. Interaksi, 
  3. komunikasi, 
  4. refleksi.
Dalam strategi ini, terdapat komponen-komponen penting untuk memungkinkan tercapainya proses pembelajaran aktif yang bermakna, komponen-komponen ini mencakup empat tahapan yaitu pengalaman, interaksi, komunikasi dan refleksi. Tahapan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut, dalam belajar siswa haruslah dilakukan sendiri karena siswa akan belajar banyak melalui pengalaman langsung. Belajar akan berlangsung dengan baik apabila adanya interaksi antara guru dan siswa, interaksi ini berupa diskusi, saling bertanya dan mempertanyakan atau saling menjelaskan. Dengan adanya diskusi, dialog dan tukar gagasan akan membantu siswa dalam memiliki pemahamanyang baik. Melalui interaksi antara guru dengan siswa akan terciptanya komunikasi berupa pengungkapan pikiran baik secara lisan maupun tulisan. Adapun refleksi akan terjadi akibat adanya interaksi dan komunikasi, refleksi ialah umpan balik dari guru atau siswa lain setelah proses pembelajaran.

Langkah-langkah Pelaksanaan Strategi Active Learning Tipe Writing In The Here and Now
Rofi’uddin dan Zuhdi menyatakan bahwa pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah dasar, siswa memperoleh pengalaman penciptaan, pada saat tertentu siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan sendiri baik berupa narasi maupun tulisan yang berkenaan dengan cerita pengalaman. Kesempatan untuk menulis narasi berguna bagi keterampilan menulis dan juga berpengaruh untuk pembiasaan berpikir sistematis dan kreatif, sebab pengalaman menulis akan memberi pengalaman yang lebih terhadap penulis itu sendiri karena mereka melakukan sendiri dan secara langsung.
Strategi writing in the here and now membutuhkan suasana kelas yang tenang dan santai yaitu ketika siswa menentukan gagasan yang ingin dikembangkan melalui pengalaman yang telah diperoleh selama kehidupannya dapat berjalan dengan lancar. Menurut Silberman (2012: 198) menyatakan langkah-langkah pembelajaran menulis narasi yang dilakukan melalui strategi writing in the here and now.
  1. Siswa mendiskusikan tema yang ingin mereka tulis. 
  2. Siswa menghidupkan kembali atau merefleksikan pengalamannya pada saat itu juga. 
  3. Siswa mempersiapkan selembar kertas dan alat tulis. 
  4. Siswa menciptakan suasana tenang. Kemudian guru meminta siswa memejamkan mata, lalu siswa diminta untuk mengingat dan membayangkan pengalaman yang telah mereka pilih. 
  5. Siswa menuliskan sebanyak mungkin hal-hal atau detail-detail dari pengalaman yang mereka
  6. bayangkan ke dalam kertas yang telah mereka sediakan.
  7. Siswa membuat puisi dari catatan yang telah mereka buat. 
  8. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan penyuntingan.
Kelebihan Strategi Writing In The Here and Now
Strategi writing in the here and now (menulis pengalaman secara langsung) ini mempunyai beberapa kelebihan:
  1. Melatih dan mempertajam daya imajinasi siswa. 
  2. Meningkatkan kreativitas siswa. 
  3. Meningkatkan semangat dan kemampuan siswa dalam menulis. 
  4. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap pesan inti materi pelajaran. 
  5. Menghubungkan materi pelajaran dengan realitas kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...