BUKU TEKS





1.      Buku Teks
a.       Ciri penanda buku teks
1)      Buku teks merupakan buku sekolah yang ditujukan bagi siswa pada jenjang pendidikan tertentu.
2)      Buku teks berisi bahan yang telah terseleksi.
3)      Buku teks selalu berkaitan dengan bidang studi atau mata pelajaran tertentu
4)      Buku teks biasanya disusun oleh para pakar di bidangnya
5)      Buku teks disusun secara sistematis mengikuti strategi pembelajaran tertentu.
6)      Buku teks untuk diasimilasikan dalam pembelajaran.
7)      Buku teks disusun untuk menunjang program pembelajaran.
b.      Berdasarkan segi tatanannya, buku teks merupakan sajian bahan ajar yang mempertimbangkan faktor tujuan pembelajaran,kurikulum dan struktur program pendidikan,tingkat perkembangan siswa sasaran,kondisi dan fasilitas sekolah, kondisi guru pemakai.
c.       Manfaat buku teks bagi guru:
1)      Secara umum:
a)      Sarana pengembang bahan dan program dalam kurikulum pendidikan,
b)      Sarana pemerlancar tugas akademik guru,
c)      Sarana pemerlancar ketercapaian tujuan pembelajaran, dan
d)     Sarana pemerlancar efisiensi dan efektivitas kegiatan pembelajaran.
2)      Menurut Hebert dan Harl
a)      Buku teks memuat persediaan materi bahan ajar yang memudahkan guru merencanakan jangkauan bahan ajar yang akan disajikannya pada satuan jadwal pengajaran (mingguan, bulanan, caturwulanan, semesteran).
b)      Buku teks memuat masalah-masalah terpenting dari satu bidang studi.
c)      Buku teks banyak memuat alat bantu pengajaran, misalnya gambar, skema, diagram, dan peta.
d)     Buku teks merupakan rekaman yang permanen yang memudahkan untuk mengadakan review di kemudian hari.
e)      Buku teks memuat bahan ajar yang seragam, yang dibutuhkan untuk kesamaan evaluasi, dan juga kelancaran diskusi.
f)       Buku teks memungkinkan siswa belajar di rumah.
g)      Buku teks memuat bahan ajar yang relatif telah tertata menurut sistem dan logika tertentu.
h)      Buku teks membebaskan guru dari kesibukan mencari bahan ajar sendiri sehingga sebagian waktunya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain.
d.      Kategori buku teks yang baik
1)      Buku teks haruslah menarik minat siswa yang mempergunakannya.
2)      Buku teks haruslah mampu memberikan motivasi kepada para siswa yang memakainya.
3)      Buku teks haruslah memuat ilustrasi yang menarik siswa yang memanfaatkannya.
4)      Buku teks seyogyanya mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa.
5)      Buku teks haruslah dapat menstimuli, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi para siswa yang mempergunakannya.
6)      Buku teks haruslah mempunyai sudut pandang atau ”point of view” yang jelas dan tegas sehingga ada akhirnya juga menjadi sudut pandang para pemakainya yang setia.
7)      Buku teks haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru