INOVASI





1.      Inovasi
a.       Pengertian inovasi Pengertian Inovasi Pendidikan Inovasi berasal dari kata latin, innovation yang berarti pembaharuan dan perbuahan. Inovasi ialah suatu perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan yang lain atau berbeda dari yang sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan bererncana (tidak secara kebetulan saja). Ibrahim (1988) mengemukakan bahwa inovsi pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Jadi, inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metode, yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi hasil seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil inverse (penemuan baru) atau discovery (baru ditemukan orang), yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memcahkan masalah pendidikan.
b.      Skematik Inovasi di sekolah

c.       Guru Inivasi adalah guru yang dapat menyampaikan sumber pengetahuan dengan memanfaatkan strategi, metode, dan media pembelajaran kepada peserta didik sehingga dapat terjalin proses komunikasi yang berhasil.
d.      Keterampilan mengajar yaitu Bertanya dasar, Memberi Penguatan, Mengadakan Variasi, Menjelaskan, Membuka dan Menutup, Memimpin Diskusi Kelompok Kecil, Mengelola Kelas, Mengajar Kelompok kecil dan Perorangan
e.       Inovasi strategi, adalah proses pengembangan strategi yang ada bertujuan untuk dapat lebih mensukseskan dalam proses kegiatan blajar mengajar.
f.       Inovasi media pembelajaran adalah proses pengembangan media pembelajaran yang sudah ada sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran sehingga dapat mendukung terciptanya interaksi atau komunikasi yang berhasil.
g.      Media yang baik adalah, media yang memvisualkan yang abstrak, membantu mengkonstruksikan pengetahuan, membuat senang sehingga mampu memotivasi, memudahkan pemahaman konsep.
h.      Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam Pemilihan media yaitu:
1)      Kesesuaian dengan tujuan belajar
2)      Kesesuaian dengan materi
3)      Kesesuaian dengan metode mengajar
4)      Karakteristik peserta didik
5)      Kondisi tempat belajar
6)      Keluwesan/kepraktisan
7)      Ketersediaan dana, tenaga dan fasilitas.
i.        Komponen dari RPP
1)      RPP KTSP, Identitas sekolah, Standar kompetensi, Kompetensi dasar, Indikator, Tujuan, Materi pokok, Strategi, metode, dan model pembelajaran, kegiatan pembelajaran, eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, (alat, sumber dan media pembelajaran), Penilaian dan lampiran.
2)      RPP 2013, identitas sekolah, kompetensi dasar, Indikator, (spiritual, sosial, pengetahuan, keterampilan), tujuan, Materi pembelajaran, Sumber pembelajaran, Metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, pendahuluan (Orientasi, Memotivasi, Apresepsi, Menyampaikan tujuan pembelajaran), kegiatan inti (mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jaringan), penutup, penilaian, lampiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru