KESEHATAN LINGKUNGAN SEKOLAH


Pengertian umum lingkungan sekolah adalah salah satu kesatuan lingkungan fisik, mental dan sosial dari sekolah yang memenuhi syarat-syarat kesehatan sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar dengan baik dan menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan murid secara optimal. (indonesian-publichealth: 2016)





Kesehatan di lingkungan sekolah dan menciptakan lingkungan yang sehat di sekolah akan terwujud atau terjaga tentu saja dengan melibatkan semua komponen khususnya di internal sekolah. Infrastruktur dan aturan sekolah yang mengikat juga faktor pendukung (kompasiana: 2015)

RUANG LINGKUP KESEHATAN LINGKUNGAN SEKOLAH
Kesehatan tidak dapat terlepas dari keadaan lingkungan. Kegiatan belajar mengajar akan terganggu bila berada dalam lingkungan yang tidak sehat. Sebaliknya dilingkungan yang bersih, dan nyaman akan menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Ruang lingkup kesehatan lingkungan meliputi : 1) Lingkungan Sekolah/Madrasah yang sehat, 2) Lingkungan sehat dan pembinaannya, 3) Air bersih, 4) Pembuangan kotoran manusia, 5) Pembuangan air limbah, 6) Pembuangan sampah, 7) Pencemaran lingkungan. (academia: 2017)

LINGKUNGAN SEKOLAH/ MADRASAH YANG SEHAT
Lingkungan sekolah merupakan lingkungan pendidikan utama yang kedua. Siswa-siswa, guru, administrator, konselor hidup bersama dan melaksanakan pendidikan secara teratur dan terencana dengan baik. Lingkungan sekolah terdiri dari lingkungan fisik dan non fisik.
1.    Lingkungan Fisik, atau yang disebut dengan lingkungan abiotik merupakan lingkungan yang bersifat benda mati dan berada di sekeliling manusia, dimana lingkungan ini memiliki dampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap lingkungan biologis disekitarnya. (Brainly) Contoh lingkungan fisik yang ada di sekolah diantaranya: Lokasi, Bangunan, Tata Ruang, Pagar, Halaman
a.    Lokasi, diupayakan jauh atau bebas dari polusi udara, suara, air, atau tanah, serta memiliki halaman yang luas untuk  bermain/ olahraga.
b.    Bangunan, kokoh dapat melindungi penghuni di dalamnya, memiliki pencahayaan yang cukup dan sirkulasi yang sesuai, memberi suasana yang aman dan nyaman bagi penghuni.
c.    Tata ruang, barang-barang tertata rapi sesuai dengan fungsinya.
d.    Pagar, yang merupakan pengamanan sekolah dapat menggunakan tanaman perdu yang mudah pemeliharaannya atau bahan lain seperti kayu atau besi.
e.    Halaman kering dan tidak berdebu, memiliki pohon peneduh dan tanaman bunga sebagai penyejuk pandangan serta kebun sekolah.
f.     Lain-lain : tempat cuci tangan dan penyediaan air minum, tersedia tempat ibadah, adanya kotak P3K, sudut UKS dan papan informasi kegiatan sekolah, alat pemadam kebakaran, papan nama sekolah yang mudah dilihat dengan alamat yang jelas, tempat sampah di tiap ruang dan bak penampungan sampah yang tertutup.
2.    Lingkungan Non Fisik adalah lingkungan yang menyangkut dengan orang . contohnya lingkungan sekolah , lingkungan keluarga. Lingkungan non fisik yang ada di sekolah terdiri dari:
a.    Kepala sekolah, memiliki jiwa pemimpin yang baik dan mampu memotivasi pendidik dan peserta didik.
b.    Staf administrasi, memiliki kemampuan administrasi yang baik dalam mengelola instansi tempat bekerja.
c.    Pendidik, memiliki empat kompetensi pendidik yaitu profesional, pedagogik, kepribadian, sosial.
d.    Siswa, memiliki motivasi yang tinggi untuk memperoleh penegathuan dan informasi serta kemampuan untuk meningkatkan keterampilan dan memperbaiki sikap.




LINGKUNGAN SEHAT DAN PEMBINAANNYA
Lingkungan sehat adalah suatu kondisi lingkungan yang dapat mendukung tumbuh kembangnya perilaku hidup sehat dan dapat mempengaruhi kesehatan jasmani maupun rohani serta terhindar dari pengaruh negatif yang dapat merusak kesehatan. Pembinaan lingkungan sekolah yang sehat dapat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler terutama melalui pelajaran penjaskes atau pendidikan kesehatan yang diintegrasikan kemata pelajaran itu. Kepala sekolah selaku tim pembina UKS disekolah bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Dalam pelaksanannya, kepala sekolah dibantu oleh guru, pegawai siswa, BP3, POMG. Guru mempunyai peranan penting dalam pembinaan lingkungan sehat, antara lain dengan cara memberikan pengetahuan praktis, bimbingan, dorongan, contoh dan teladan serta melakukan pengamatan dan pengawasan terhadap siswa dalam penerapan dan pelaksanaan lingkungan sehat. (penjassd: 2012) Segala siswa diharapkan berperan serta, misalnya :
1.    Melaksanakan, menjaga dan mengawasi kebersihan ruang kelas dan halaman masing-masing
2.    Piket kelas, bertugas menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan kelas masing-masing.
3.    Menjaga atau memelihara kebersihan, ketertiban, dan keindahan dilingkungan rumah masing-masing.
Komite skolah adalah sebagai wadah organisasi orangtua peserta didik diharapkan berperan secara aktif terutama dalam penyediaan dana dan fasilitas yang menunjang, serta mengajak anggotanya secara bersama-sama melaksanakan lingkungan sekolah sehat dirumah masing-masing sekaligus menjadi contoh teladan dikeluarga.




AIR BERSIH
Keberadaan air bersih dan sehat adalah kebutuhan mutlak dari kehidupan kita sehari-hari. air bersih dan sehat tersebut bisa kita gunakan untuk mencuci, mandi ataupun dalam kegiatan memasak dalam rangka memnuhi kebutuhan hidup kita akan bahan energi dari ragam makanan. Karena begitu pentingnya keberadaan air bersih dan sehat tersebut maka tak ada salahnya kini kita belajar menambah wawasan berguna mengenai bagaimana ciri-ciri air bersih mutlak dari sifat-sifat air yang tergolong bersih dan sehat seperti di bawah ini:
1.    Tidak keruh, Ciri air bersih dan sehat yang utama yakni penampang air yang terlihat tidak keruh.
2.    Tidak berwarna, Selain air harus terhindar dari kekeruhan maka tanda air bersih dan sehat yang selanjutnya yakni jangan sampai ada tercampur warna lain yang mencemari air tersebut.
3.    Tidak berbau, Air normal yang mewakili jenis air bersih dan sehat sepantasnya tidak memiliki bau tertentu apalagi yang menyengat kala diuji menggunakan indera penciuman kita.
4.    Jernih, Lebih lanjut lagi kala kita membicarakan perihal penampang air untuk menilai apakah air tersebut sehat dan bersih maka syarat mutlaknya ialah air tersebut harus jernih.
5.    Berasa tawar, Air bersih sehat tanpa cemaran zat bahaya lainnya akan memiliki rasa normal yang cenderung tawar.
6.    Derajat keasaman aman, Sesuai dengan indikator derajat keasaman yang baus dalam pengujian air maka air bersih dan sehat layaknya memiliki nilai dalam kisaran 7, angka 6 dan delapan beberapa kali masih bisa ditoleransi.
7.    Bebas bakteri patogen, Pengertian dari bakteri patogen itu sendiri yakni berhubungan dengan serangkaian jenis mikroba yang jika masuk ke dalam tubuh maka ia sangat berpotensi untuk menimbulkan penyakit yang merugikian kesehatan manusia pengonsumsinya itu sendiri.
8.    Suhu normal, Secara normalnya suhu air bersih dan sehat tidak boleh terlampau panas maupun dingin.
9.    Bebas endapan, Jika kita berbicara mengenai kejernihan air maka tak akan terlepas pula dengan ada atau tidaknya endapan yang terjadi pada dasar permukaan air tersebut pada bagian paling bawah.
10. Bebas zat kimiawi arsenik, Jika membahas mengenai zat kimiawi pencemar air sehingga tak dapat digolongkan menjadi air golongan bersih dan sehat, maka ternyata di sini ada suatu zat kimiawi yang bernama arsen dan sangta berpotensi untuk mencemari air lingkungan.
Untuk itulah syarat air bersih dan sehat haruslah terbebas dari cemaran bahan kimia jenis arsen ini. Telah terbukti bagaiman zat arsen ini bisa berperan sebagai racun yang dapat mengancam jiwa, bisa juga menimbulkan tumbuhnya sel abnormasl semisal pada tumor atau kanker dan juga memberikan serangkaian gejala tak normal pada sistem cerna, mulai dari keluhan sakit perut sampai juga pada serangan mual maupun muntah sebagai efek sampingnya. Selain arsen, beberapa bahan kimia pencemar air lainnya yang berbahaya yakni semisal kehadiran nitrat, timbal, amoniak, sulfida, raksa maupun paparan radioaktif yang berdampak bahaya bagi kesehatan manusia secara umumnya, hal ini haruslah lebih diperhatikan secara seksama dan selanjutnya diwaspadai dengan lebih serius. Semoga bermanfaat. (halosehat: 2017)

PEMBUANGAN KOTORAN MANUSIA
Kotoran manusia adalah semua benda atau zat yang tidak dipakai lagi oleh tubuh dan yang harus dikeluarkan dalam tubuh. Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau tanpa leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran dan air untuk membersihkannya. (agussyehnam17.blogspot: 2016) cara merawat agar pembuangan kotoran manusia tetap terjaga dan bersih, yaitu:
1.    Tertutup, bangunan tersebut harus terlindung dari panas matahari dan hujan
2.    Pada lokasi yang tidak mengganggu pandangan, tidak menimbulkan bau, tidak menjadi tempat hidup dan berkembangnya binatang yang dapat menyebarkan penyakit.
3.    Lantai disapu dan disikat agar bersih dan tidak licin
4.    Jumlah kakus sebaiknya disesuaikan dengan jumlah pemakai.
5.    Dinding sering dibersihkan dari coretan dan tampak terang.
6.    Air dalam bak sering diganti

PEMBUANGAN AIR LIMBAH
Air limbah adalah air yang telah mengalami penurunan kualitas karena pengaruh manusia. Air limbah perkotaan biasanya dialirkan di saluran air kombinasi atau saluran sanitasi, dan diolah di fasilitas pengolahan air limbah atau septic tank. Air limbah yang telah diolah dilepaskan ke badan air penerima melalui saluran pengeluaran. Air limbah, terutama limbah perkotaan, dapat tercampur dengan berbagai kotoran seperti feses maupun urin. Sistem pembuangan air adalah infrastruktur fisik yang mencakup pipa, pompa, penyaring, kanal, dan sebagainya yang digunakan untuk mengalirkan air limbah dari tempatnya dihasilkan ke titik di mana ia akan diolah atau dibuang. Sistem pembuangan air ditemukan di berbagai tipe pengolahan air limbah, kecuali septic tank yang mengolah air limbah di tempat. (wikipedia: 2017)

PEMBUANGAN SAMPAH
Tempat sampah yang cukup untuk memuat sampah 1 hari, diberi tutup, dan dibersihkan setiap hari. Perlu mendapatkan perhatian : 1) Tempat sampah jangan sampai menjadi tempat pembiakan penyakit menular seperti lalat, kecoa, cacing. 2) Jangan sampai menimbulkan bau busuk. 3) Jangan sampai tertumpuk lama.

  
PENCEMARAN LINGKUNGAN
Pencemaran lingkungan merupakan masuknya zat, makhluk hidup atau energi lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa diartikan sebagai adanya perubahan komposisi pada media yang dicemari misalnya saja tanah atau air atau udara yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti oleh manusia, proses alam, dan lainnya yang mengakibatkan adanya penurunan kualitas media yang dicemari tersebut sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Saat ini pencemaran yang terjadi di muka bumi ini semakin tak terkendalikan terutama setelah masa revolusi industri dimana banyak pabrik yang dibangun dan menyebabkan berbagai jenis polusi. (ilmugeografi: 2016) Diharapkan sekolah ditanami pohon atau tanaman lain yang mampu melindungi gedung sekolah dari debu, dan Gedung perlu diberi dinding yang kedap suara, tembok dan letaknya jauh dari jalan raya, agar terhindar dari pencemaran suara utamanya dari kegaduhan kendaraan dijalan raya.

INDIKATOR SEKOLAH SEHAT
1.    Kepadatan ruang kelas minimal 1,75 M2/anak
2.    Tingka kebisingan ≤ 45 desibel
3.    Memiliki lapangan/halaman/aula untuk pendidikan jasmani
4.    Memiliki lingkungan sekolah yang bersih, rindang dan nyaman.
5.    Memiliki sumber air bersih yang memadai (jarak sumber air bersih dan septic tank minimal 10 meter).
6.    Ventilasi dan pencahayaan kelas kelas yang memadai.
7.    Memiliki kamar mandi/WC yang cukup jumlahnya (memenuhi rasio Km/WC terhadap siswa, perempuan 1 : 25, Laki-laki 1 : 40)
8.    Memiliki Kantin/warung sekolah yang memenuhi syarat kesehatan.
9.    Bebas jentik nyamuk pada setiap tempat penampungan air bersih.
10. Menerapkan kawasan tanpa rokok.


REVERENSI
·    https://www.kompasiana.com/aatnurhalimah/kesehatan-di-lingkungan-sekolah_54f95109a3331150278b48dd
·    http://www.indonesian-publichealth.com/syarat-kesehatan-lingkungan-sekolah/
·    https://www.academia.edu/17136504/Kesehatan_lingkungan?auto=download
·    https://brainly.co.id/tugas/381136
·    https://penjassd.wordpress.com/2012/03/13/dokter-kecil/
·    https://lingkungansekolahkurusdinasmpn1jenu.blogspot.co.id/
·    https://halosehat.com/review/kesehatan/ciri-ciri-air-bersih
·    http://bagussyehnam17.blogspot.co.id/
·    https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/pencemaran-lingkungan

1 komentar:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259 atau klik dibawah PESUGIHAN TAMPA TUMBAL .

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru