Pengertian umum lingkungan sekolah adalah salah
satu kesatuan lingkungan fisik, mental dan sosial dari sekolah yang memenuhi
syarat-syarat kesehatan sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar dengan
baik dan menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan murid secara optimal.
(indonesian-publichealth: 2016)
Kesehatan di lingkungan sekolah dan menciptakan
lingkungan yang sehat di sekolah akan terwujud atau terjaga tentu saja dengan
melibatkan semua komponen khususnya di internal sekolah. Infrastruktur dan
aturan sekolah yang mengikat juga faktor pendukung (kompasiana: 2015)
RUANG
LINGKUP KESEHATAN LINGKUNGAN SEKOLAH
Kesehatan tidak dapat terlepas dari keadaan
lingkungan. Kegiatan belajar mengajar akan terganggu bila berada dalam
lingkungan yang tidak sehat. Sebaliknya dilingkungan yang bersih, dan nyaman
akan menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Ruang lingkup
kesehatan lingkungan meliputi : 1) Lingkungan Sekolah/Madrasah yang sehat, 2) Lingkungan
sehat dan pembinaannya, 3) Air bersih, 4) Pembuangan kotoran manusia, 5)
Pembuangan air limbah, 6) Pembuangan sampah, 7) Pencemaran lingkungan. (academia:
2017)
LINGKUNGAN
SEKOLAH/ MADRASAH YANG SEHAT
Lingkungan sekolah merupakan lingkungan
pendidikan utama yang kedua. Siswa-siswa, guru, administrator, konselor hidup
bersama dan melaksanakan pendidikan secara teratur dan terencana dengan baik.
Lingkungan sekolah terdiri dari lingkungan fisik dan non fisik.
1.
Lingkungan Fisik, atau yang disebut dengan lingkungan abiotik
merupakan lingkungan yang bersifat benda mati dan berada di sekeliling manusia,
dimana lingkungan ini memiliki dampak secara langsung maupun tidak langsung
terhadap lingkungan biologis disekitarnya. (Brainly) Contoh lingkungan fisik
yang ada di sekolah diantaranya: Lokasi, Bangunan, Tata Ruang, Pagar, Halaman
a.
Lokasi, diupayakan jauh atau bebas dari polusi udara, suara, air,
atau tanah, serta memiliki halaman yang luas untuk bermain/ olahraga.
b.
Bangunan, kokoh dapat melindungi penghuni di dalamnya, memiliki
pencahayaan yang cukup dan sirkulasi yang sesuai, memberi suasana yang aman dan
nyaman bagi penghuni.
c.
Tata ruang, barang-barang tertata rapi sesuai dengan fungsinya.
d.
Pagar, yang merupakan pengamanan sekolah dapat menggunakan tanaman
perdu yang mudah pemeliharaannya atau bahan lain seperti kayu atau besi.
e.
Halaman kering dan tidak berdebu, memiliki pohon peneduh dan
tanaman bunga sebagai penyejuk pandangan serta kebun sekolah.
f.
Lain-lain : tempat cuci tangan dan penyediaan air minum, tersedia
tempat ibadah, adanya kotak P3K, sudut UKS dan papan informasi kegiatan
sekolah, alat pemadam kebakaran, papan nama sekolah yang mudah dilihat dengan
alamat yang jelas, tempat sampah di tiap ruang dan bak penampungan sampah yang
tertutup.
2.
Lingkungan Non Fisik adalah lingkungan yang menyangkut dengan orang
. contohnya lingkungan sekolah , lingkungan keluarga. Lingkungan non fisik yang
ada di sekolah terdiri dari:
a.
Kepala sekolah, memiliki jiwa pemimpin yang baik dan mampu
memotivasi pendidik dan peserta didik.
b.
Staf administrasi, memiliki kemampuan administrasi yang baik dalam
mengelola instansi tempat bekerja.
c.
Pendidik, memiliki empat kompetensi pendidik yaitu profesional,
pedagogik, kepribadian, sosial.
d.
Siswa, memiliki motivasi yang tinggi untuk memperoleh penegathuan dan
informasi serta kemampuan untuk meningkatkan keterampilan dan memperbaiki
sikap.
LINGKUNGAN
SEHAT DAN PEMBINAANNYA
Lingkungan sehat adalah suatu kondisi
lingkungan yang dapat mendukung tumbuh kembangnya perilaku hidup sehat dan
dapat mempengaruhi kesehatan jasmani maupun rohani serta terhindar dari
pengaruh negatif yang dapat merusak kesehatan. Pembinaan lingkungan sekolah
yang sehat dapat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan
intrakurikuler terutama melalui pelajaran penjaskes atau pendidikan kesehatan
yang diintegrasikan kemata pelajaran itu. Kepala sekolah selaku tim pembina UKS
disekolah bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pembinaan lingkungan sekolah
sehat. Dalam pelaksanannya, kepala sekolah dibantu oleh guru, pegawai siswa,
BP3, POMG. Guru mempunyai peranan penting dalam pembinaan lingkungan sehat,
antara lain dengan cara memberikan pengetahuan praktis, bimbingan, dorongan,
contoh dan teladan serta melakukan pengamatan dan pengawasan terhadap siswa
dalam penerapan dan pelaksanaan lingkungan sehat. (penjassd: 2012) Segala siswa
diharapkan berperan serta, misalnya :
1.
Melaksanakan, menjaga dan mengawasi kebersihan ruang kelas dan
halaman masing-masing
2.
Piket kelas, bertugas menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan,
keindahan kelas masing-masing.
3.
Menjaga atau memelihara kebersihan, ketertiban, dan keindahan
dilingkungan rumah masing-masing.
Komite skolah adalah sebagai wadah organisasi
orangtua peserta didik diharapkan berperan secara aktif terutama dalam
penyediaan dana dan fasilitas yang menunjang, serta mengajak anggotanya secara
bersama-sama melaksanakan lingkungan sekolah sehat dirumah masing-masing
sekaligus menjadi contoh teladan dikeluarga.
AIR
BERSIH
Keberadaan air bersih dan sehat adalah
kebutuhan mutlak dari kehidupan kita sehari-hari. air bersih dan sehat tersebut
bisa kita gunakan untuk mencuci, mandi ataupun dalam kegiatan memasak dalam
rangka memnuhi kebutuhan hidup kita akan bahan energi dari ragam makanan.
Karena begitu pentingnya keberadaan air bersih dan sehat tersebut maka tak ada
salahnya kini kita belajar menambah wawasan berguna mengenai bagaimana
ciri-ciri air bersih mutlak dari sifat-sifat air yang tergolong bersih dan
sehat seperti di bawah ini:
1.
Tidak keruh, Ciri air bersih dan sehat yang utama yakni penampang
air yang terlihat tidak keruh.
2.
Tidak berwarna, Selain air harus terhindar dari kekeruhan maka
tanda air bersih dan sehat yang selanjutnya yakni jangan sampai ada tercampur
warna lain yang mencemari air tersebut.
3.
Tidak berbau, Air normal yang mewakili jenis air bersih dan sehat
sepantasnya tidak memiliki bau tertentu apalagi yang menyengat kala diuji
menggunakan indera penciuman kita.
4.
Jernih, Lebih lanjut lagi kala kita membicarakan perihal penampang
air untuk menilai apakah air tersebut sehat dan bersih maka syarat mutlaknya ialah
air tersebut harus jernih.
5.
Berasa tawar, Air bersih sehat tanpa cemaran zat bahaya lainnya
akan memiliki rasa normal yang cenderung tawar.
6.
Derajat keasaman aman, Sesuai dengan indikator derajat keasaman
yang baus dalam pengujian air maka air bersih dan sehat layaknya memiliki nilai
dalam kisaran 7, angka 6 dan delapan beberapa kali masih bisa ditoleransi.
7.
Bebas bakteri patogen, Pengertian dari bakteri patogen itu sendiri
yakni berhubungan dengan serangkaian jenis mikroba yang jika masuk ke dalam
tubuh maka ia sangat berpotensi untuk menimbulkan penyakit yang merugikian
kesehatan manusia pengonsumsinya itu sendiri.
8.
Suhu normal, Secara normalnya suhu air bersih dan sehat tidak boleh
terlampau panas maupun dingin.
9.
Bebas endapan, Jika kita berbicara mengenai kejernihan air maka tak
akan terlepas pula dengan ada atau tidaknya endapan yang terjadi pada dasar
permukaan air tersebut pada bagian paling bawah.
10. Bebas zat kimiawi arsenik, Jika membahas
mengenai zat kimiawi pencemar air sehingga tak dapat digolongkan menjadi air
golongan bersih dan sehat, maka ternyata di sini ada suatu zat kimiawi yang
bernama arsen dan sangta berpotensi untuk mencemari air lingkungan.
Untuk itulah syarat air bersih dan sehat
haruslah terbebas dari cemaran bahan kimia jenis arsen ini. Telah terbukti
bagaiman zat arsen ini bisa berperan sebagai racun yang dapat mengancam jiwa,
bisa juga menimbulkan tumbuhnya sel abnormasl semisal pada tumor atau kanker
dan juga memberikan serangkaian gejala tak normal pada sistem cerna, mulai dari
keluhan sakit perut sampai juga pada serangan mual maupun muntah sebagai efek
sampingnya. Selain arsen, beberapa bahan kimia pencemar air lainnya yang
berbahaya yakni semisal kehadiran nitrat, timbal, amoniak, sulfida, raksa
maupun paparan radioaktif yang berdampak bahaya bagi kesehatan manusia secara
umumnya, hal ini haruslah lebih diperhatikan secara seksama dan selanjutnya
diwaspadai dengan lebih serius. Semoga bermanfaat. (halosehat: 2017)
PEMBUANGAN
KOTORAN MANUSIA
Kotoran manusia adalah semua benda atau zat
yang tidak dipakai lagi oleh tubuh dan yang harus dikeluarkan dalam tubuh.
Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia
yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau
tanpa leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran
dan air untuk membersihkannya. (agussyehnam17.blogspot: 2016) cara merawat agar
pembuangan kotoran manusia tetap terjaga dan bersih, yaitu:
1.
Tertutup, bangunan tersebut harus terlindung dari panas matahari
dan hujan
2.
Pada lokasi yang tidak mengganggu pandangan, tidak menimbulkan bau,
tidak menjadi tempat hidup dan berkembangnya binatang yang dapat menyebarkan
penyakit.
3.
Lantai disapu dan disikat agar bersih dan tidak licin
4.
Jumlah kakus sebaiknya disesuaikan dengan jumlah pemakai.
5.
Dinding sering dibersihkan dari coretan dan tampak terang.
6.
Air dalam bak sering diganti
PEMBUANGAN
AIR LIMBAH
Air limbah adalah air yang telah mengalami
penurunan kualitas karena pengaruh manusia. Air limbah perkotaan biasanya
dialirkan di saluran air kombinasi atau saluran sanitasi, dan diolah di
fasilitas pengolahan air limbah atau septic tank. Air limbah yang telah diolah
dilepaskan ke badan air penerima melalui saluran pengeluaran. Air limbah,
terutama limbah perkotaan, dapat tercampur dengan berbagai kotoran seperti
feses maupun urin. Sistem pembuangan air adalah infrastruktur fisik yang
mencakup pipa, pompa, penyaring, kanal, dan sebagainya yang digunakan untuk
mengalirkan air limbah dari tempatnya dihasilkan ke titik di mana ia akan
diolah atau dibuang. Sistem pembuangan air ditemukan di berbagai tipe
pengolahan air limbah, kecuali septic tank yang mengolah air limbah di tempat.
(wikipedia: 2017)
PEMBUANGAN
SAMPAH
Tempat sampah yang cukup untuk memuat sampah 1
hari, diberi tutup, dan dibersihkan setiap hari. Perlu mendapatkan perhatian :
1) Tempat sampah jangan sampai menjadi tempat pembiakan penyakit menular
seperti lalat, kecoa, cacing. 2) Jangan sampai menimbulkan bau busuk. 3) Jangan
sampai tertumpuk lama.
PENCEMARAN
LINGKUNGAN
Pencemaran lingkungan merupakan masuknya zat,
makhluk hidup atau energi lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa
diartikan sebagai adanya perubahan komposisi pada media yang dicemari misalnya
saja tanah atau air atau udara yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti
oleh manusia, proses alam, dan lainnya yang mengakibatkan adanya penurunan
kualitas media yang dicemari tersebut sehingga tidak dapat berfungsi dengan
baik sebagaimana mestinya. Saat ini pencemaran yang terjadi di muka bumi ini
semakin tak terkendalikan terutama setelah masa revolusi industri dimana banyak
pabrik yang dibangun dan menyebabkan berbagai jenis polusi. (ilmugeografi: 2016)
Diharapkan sekolah ditanami pohon atau tanaman lain yang mampu melindungi
gedung sekolah dari debu, dan Gedung perlu diberi dinding yang kedap suara,
tembok dan letaknya jauh dari jalan raya, agar terhindar dari pencemaran suara
utamanya dari kegaduhan kendaraan dijalan raya.
INDIKATOR
SEKOLAH SEHAT
1.
Kepadatan ruang kelas minimal 1,75 M2/anak
2.
Tingka kebisingan ≤ 45 desibel
3.
Memiliki lapangan/halaman/aula untuk pendidikan jasmani
4.
Memiliki lingkungan sekolah yang bersih, rindang dan nyaman.
5.
Memiliki sumber air bersih yang memadai (jarak sumber air bersih
dan septic tank minimal 10 meter).
6.
Ventilasi dan pencahayaan kelas kelas yang memadai.
7.
Memiliki kamar mandi/WC yang cukup jumlahnya (memenuhi rasio Km/WC
terhadap siswa, perempuan 1 : 25, Laki-laki 1 : 40)
8.
Memiliki Kantin/warung sekolah yang memenuhi syarat kesehatan.
9.
Bebas jentik nyamuk pada setiap tempat penampungan air bersih.
10.
Menerapkan kawasan tanpa rokok.
REVERENSI
·
https://www.kompasiana.com/aatnurhalimah/kesehatan-di-lingkungan-sekolah_54f95109a3331150278b48dd
·
http://www.indonesian-publichealth.com/syarat-kesehatan-lingkungan-sekolah/
·
https://www.academia.edu/17136504/Kesehatan_lingkungan?auto=download
·
https://brainly.co.id/tugas/381136
·
https://penjassd.wordpress.com/2012/03/13/dokter-kecil/
·
https://lingkungansekolahkurusdinasmpn1jenu.blogspot.co.id/
·
https://halosehat.com/review/kesehatan/ciri-ciri-air-bersih
·
http://bagussyehnam17.blogspot.co.id/
·
https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/pencemaran-lingkungan
BalasHapusklik disini
TENTANG GAYA HIDUP JAMAN NOW
TENTANG GAYA HIDUP
BERGAYA TENTANG GAYA HIDUP APA ADANYAT
ENTANG HIDUP SEDERHANA
klik disini
mengatasi masalah rumah tangga
solusi rumah tangga yang hancur
gimana sih mengatasi masalah dalam rumah tangga