1. Bentuk, Sesuatu yang tampak secara visual
a. Gerak, Ketrampilan
bergerak, atau kecakapan dalam membawakan atau mencipta gerak. Unsur
ketrampilan mendidik watak tata tertib, sabar, Pembinaan rasa
kelompok, pendorong kerjasama, Sarana sosialisasi, pembinaan mental, Rekreasi, pelepasan emosi
1) Jenis Gerak Tari Putri, Trapsilantaya, Nikelwarti, Lumaksana Lembehan kanan, Lumaksana Ridong Sampur, Lumaksana Nayung, Lumaksana Keputren, Sindet, Ngigel, Sabetan, Srisik, dll
2) Jenis Gerak Tari Alus, Trapsilantaya, Nikel warti, Lumaksana Dadap Anoraga, Lukamsana Impuran, Lumaksana Bambangan, Lumaksana Nayung, Besut, Ngigel, Ombak Banyu, Srisik
3) Jenis Gerak Tari Gagah, Trapsilantaya, Nikelwarti, Lumaksana Kalang Tinantang, Lumaksana Bapang, Besut, Sabetan, Ombak Banyu, Srisik
4) Macam-macam
Gerak:
a) Gerak
Kepala ; Pacak gulu,
gedheg, tolehan, gebes, mbantheng gambul, banyak slulup, ngregeh lung
b) Gerak
Tangan; ukel karno, adu
manis, ulap-ulap, tawing, ukel pakis,
dsb
c) Bentuk
tangan dan Jari;
Nyempurit, Ngrayung, Kepelan, Naga rangsang, Mblarak sempal,
d) Gerak
kaki; debeg gejug,
kengser, mendhak, junjungan, tanjak, seredan, kicat, trecet, srisik
e) Gerak
badan ; ogek lambung,
Entragan,
b. Rias Busana Mengembangkan kreatifitas, Sopan santun, Memahami potensi budaya lokal,
Meningkatkan kepekaan, paduan warna, desain, garis, dsb. Simbol, makna
1) Busana:
a) Bagian kepala: Irah-irahan;
makutha, pogog, gelung, tekes, udeng, iket, blangkon, jamang, sumping, plim,
udal2an
b) Bagian leher, kalung kace, kalung ulur, srempang, tiba dada,
c) Bagian badhan dan tangan, kain, sabuk, epek, slepe, uncal, praba, sampur, rapek, klat bahu,
gelang, baju, rompi, boro, samir, keris, kolong keris
d) Bagian kaki, binggel, celana
2) Rias, Bentuk Alis, Godeg, Sogokan
c. Musik Tari, Mengenal irama, Mengenal rasa musikalitas, Meningkatkan kepekaan lingkungan, Ktrativitas. Contoh: Ladrang, Ketawang, Lancaran, Gendhing, Gangsaran
d.
Pola
lantai, Kekuatan garis yang dibuat, Karakter garis, Kerjasama, Saling Menghargai. Contohnya: Paju Pat, Ngiris tempe, Montor Mabur, Jejer wayang, Urut kacang, Jeblos, Adu kanan, Adu kiri, Adu arep
e. Setting / Property, Kreativitas, Makna, Simbol, Penguasaan ruang
f.
Lampu
g. Casting/ Pemeranan
2.
Isi, Apa yang muncul di balik bentuk Isi:
a. Nilai
b. Rasa, Regu, Gagah, Kenes, Rempeg, Agung, Pernes
c. Suasana, Konflik, Kacau, Semrawut, Tenang, Damai, Agung, Wingit
Tema garapan:
a.
Nilai
heroik / pahlawan
b.
Cinta
kasih sesama manusia
c.
Cinta
kasih dengan alam sekitar
d.
Megenal
suasana garapan
e.
Mengeal
rasa garapan
f.
Dll
Menentukan tema
a.
Memilih
tema garapan
1) Literer
a)
Ceritera
b)
Dongeng
c)
Novel
d)
Babad,
dll
2) Non literer
a)
Gerak
b)
Musik
c)
Busana,
dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar