Kamis, 01 November 2012

Ciri Kecenderungan Belajar Anak Usia SD


1.      Konkri,  proses belajar beranjak dari hal-hal yang konkret yakni yang dapat  dilihat,  didengar,  dibaui,  diraba,  dan diotak-atik, dengan  titik  penekanan  pada pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.
2.      Integratif, anak memandang sesuatu yang dipelajari sebagai suatu keutuhan, mereka belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu, hal ini melukiskan cara berpikir anak yang deduktif yakni dari hal umum ke bagian demi bagian.
3.      Hierarkis, cara anak belajar berkembang secara bertahap mulai dari hal-hal yang sederhana ke hal-hal yang lebih kompleks. Sehubungan dengan hal tersebut, maka  perlu  diperhatikan  mengenai  urutan  logis,  keterkaitan  antar  materi,  dan  cakupan keluasan serta kedalaman materi.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...