Kamis, 11 Mei 2017

Efektivitas dalam pembelajaran

Efektivitas dalam pembelajaran adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target yang sudah direncanakan meliputi kuantitas, kualitas dan waktu telah dicapai dalam kegiatan pembelajaran.




Menurut Hidayat (2009: 78) yang menjelaskan bahwa efektivitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas, kualitas dan waktu) telah dicapai. Semakin besar persentase target yang dicapai, semakin tinggi efektivitasnya. Menurut Slavin (Firdaus, 2009: 57) menyatakan keefektivan pembelajaran terdiri dari empat indikator, yaitu:
  1. Kualitas pembelajaran (quality of instruction) yaitu banyaknya informasi atau keterampilan yang disajikan sehingga siswa dapat mempelajari dengan mudah, atau makin kecil tingkat kesalahan yang dilakukan berarti makin efektif pembelajaran. Penentuan tingkat keefektivan pembelajaran tergantung pada penguasaan tujuan pembelajaran tetentu. Pecapaian tingkat penguasaan tujuan pembelajaran biasanya disebut ketuntasan belajar.
  2. Kesesuaian tingkat pembelajaran (appropriate of instruction) yaitu sejauh mana guru memastikan tingkat kesiapan siswa (memperoleh ketrampilan dan pengetahuan) untuk mempelajari materi baru. Dengan kata lain, materi pembelajaran yang diberikan tidak terlalu sulit atau tidak terlalu mudah.
  3. Insentif (incentive) yaitu seberapa besar guru memotivasi siswa untuk mengerjakan tugas-tugas materi yang diberikan. Semakin besar motivasi yang diberikan guru maka keaktifan siswa semakin besar pula, dengan demikian pembelajaan akan efektif.
  4. Waktu (time) yaitu lama waktu yang diberikan kepada siswa untuk mempelajari materi yang disajikan dalam pembelajaran akan efektif apabila siswa dapat menyelesaikan pembelajaran dengan tepat waktu yang telah ditentukan.

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu membuat siswa belajar dengan baik dan memperoleh ilmu pengetahuan dan juga keterampilan maelalui suatu prosedur yang tepat untuk mencapai hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Adapun efektivitas pembelajaran yang dimaksud dalam penelitan ini merujuk pada 4 (empat) aspek yang terkait dengan proses pembelajaran di kelas antara lain: (1) pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal berdasarkan nilai KKM yang ditetapkan sekolah, (2) rata-rata nilai Gain ternormalisasi minimal mencapai kategori sedang, (3) pencapaian keefektifan aktivitas siswa dan, (4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika positif.

  • Firdaus. 2009. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
  • Hidayat, A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik. Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...