Penelitian Kuantitatif dan kualitatif

Berikut adalah pembahasan materi mengenai pengertian kuantitatif dan kualitatif pada mata pelajaran statistika dasar program pascasarjana UNJ dengan dosen prengampu DR. MUKTININGSIH.N, M.Si. Dalam artikel ini, pembahasan akan memfokuskan pada pengertian, perbedaan, ruang lingkup serta pembagiannya dalam penelitian. 






A. Definisi penelitian kuantitatif dan kualitatif 

Definisi penelitian kualitatif menurut Syaodih Sukmadinata (2012:53,60) adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, presepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sedangkan penelitian kuantitatif adalah penelitian yang didasari oleh filsafat positivisme yang menekankan fenomena-fenomena objektif dan dikaji melalui penelitian dengan menggunakan angka-angka, pengolahan statistik, dan percobaan terkontrol. 

B. Kelebihan dan kelemahannya 

Menurut Pramono Wahyu (1998:19) dalam artikelnya yang berjudul kekuatan dan kelemahan penelitian kualitatif menyebutkan:

No.
Kekuatan/Kelebihan
Kelemahan
1
Meneliti manusia dalam latar sewajarnya
Problem reliabilitas karena subjektifitas yang ekstrim
2
Penekanan pada interpretasi dan mencari makna
Resiko pengumpulan data yang tidak bermakna dan berguna
3
Mendapatkan pemahaman mendalam tentang dunia responden
Memerlukan waktu yang lama
4
Proses penelitian manusiawi karena peran peneliti yang menonjol
Problem representatif
5
Tingkat fleksibilitas yang tinggi
Problem objektifitas
6
Menggambarkan pandangan dunia yang lebih realistik
Problem etik
  
 

Sedangkan menurut Purwanto (2010:27) menyebutkan kelemahan dan kelebihan penelitian kuantitatif dan kualitatif sebagai berikut:


1. Kelebihan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
a. Kelebihan Penelitian Kuantitatif
  • Menghasilkan teori yang kuat yang probabilitas kebenaran dan toleransi kesalahannya dapat diperhitungkan.
  • Kebenaran teori yang dihasilkan selalu terbuka untuk diuji kembali.
  • Analisa yang dilakukan atas angka menghindarkan unsur subjekivitas.
b. Kelebihan Penelitian Kualitatif
  • Kemampuannya memahami makna di balik prilaku.
  • Mampu menemukan teori baru untuk setting kebudayaan yang diteliti.
2. Kekurangan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
a. Kekurangan Penelitian Kuantitatif
  • Tidak dapat mengungkap makna yang tersembunyi.
  • Pengembangan teori lambat.
  • Kegunaannyan rendah karena pengambil kebijakan berada di luar penelitian.
b. Kekurangan Penelitian Kualitatif
  • Hasil penelitian bersifat subjektif.
  • Temuan teori hanya berlaku untuk setting kebudayaan yang terbatas.
  • Kegunaan teori yang dihasilkan rendah karena belum tentu dapat dimanfaatkan.




 C. Perbedaan aspek-aspek yang ada pada keduanya. 

Dalam bukunya Sugiyono (2012:9) menyatakan bahwa perbedaan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif di lihat dari 3 aspek:


1. Perbedaan aksioma dasar tentang sifat realistis.

No.
Aksioma Dasar
Metode Kuantitatif
Metode Kualitatif
1
Sifat Realistis
Dapat diklasifikasikan, konkrit, teramati, terukur
Ganda, holistik, dinamis, hasil konstruksi dan pemahaman
2
Hubungan peneliti dengan yang diteliti
Independen, supaya terbangun obyektifitas
Interaktif dengan sumber data supaya memperoleh makna
3
Hubungan variabel
Sebab-akibat
Timbal balik/ interaktif/
4
Kemungkinan generalisasi
Cendrung membuat generalisasi
Hanya mungkin dalam ikatan konteks dan waktu.
5
Peranan nilai
Cendrung bebas nilai
Terkait nilai-nilai yang dibawa peneliti dan sumber data.

2. Perbedaan dalam proses penelitian
3. Perbedaan dalam karakteristik penelitian


Baca Juga: 

 Daftar Pustaka:
  • Syaodih Sukmadinata Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.  Bandung: Alfabeta,cv.
  • Utsman Rochman. 2015. Panduan Statistika Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.
  • Purwanto.(2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
  • Riski Taufik Maulana. (online). 2015. website manajemen. Url: (http://rtmikki.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-dan-contoh-data.html) Diakses pada tanggal 11-09-2015.
  • Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Ps Djarwanto dan Pangestu Subagyo, 1985, Statistik Induktif, edisi ketiga, Yogyakarta, BPFE.
  • Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
  • Richard A. Johnson dan Gouri K. Bhattacharya. 2010. Statistics Principles & Methods. United States of America: John Wiley & Sons, Inc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru