Berikut adalah pembahasan
materi mengenai variabel pada mata pelajaran statistika
dasar program pascasarjana UNJ dengan dosen prengampu DR.
MUKTININGSIH.N, M.Si. Dalam artikel ini, pembahasan akan memfokuskan
pada pengertian, jenis, dan pemakaiannya dalam penelitian
Pengertian variabel menurut Sugiyono
(2012:38) adalah suatu atribut, sifat, atau nilai dari orang, obyek, atau
kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk
dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Sedangkan penggunaan variabel
dalam penelitian adalah sebagai obyek yang akan diteliti. Sedangkan untuk Jenis variabel dan pemakaiannya dalam
penelitian, terdiri atas:
- Variabel Independen, disebut juga variabel bebeas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen. Contohnya: dalam penelitian variabel ini digunakan sebagai stimulus atau yang memberi sebab pada variabel terikat. Mislanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas 3 SDN Dukuhturi 02 Bumiayu Brebes
- Variabel Dependen, disebut juga variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh adanya variabel bebas. Contohnya: dalam penelitian variabel ini merupakan output atau akibat dari adanya pengaruh variabel bebas. Misalnya pengaruh media pembelajaran terhadapap minat belajar matematika siswa kelas 5 SDN Dukuhturi 02 Bumiayu Brebes.
- Variabel moderator, dalam penelitian variabel ini digunakan sebagai obyek yang fungsinya memperkuat atau memperlemah ubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Contoh: Misalnya pengaruh media pembelajaran terhadapap minat belajar matematika siswa kelas 5 SDN Dukuhturi 02 Bumiayu Brebes. Variabel moderatornya adalah karakteristik gurunya.
- Variabel intervening, dalam penelitian variabel ini merupakan penyela atau antara yang secara tidak langsung mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan terikat. Contoh: Misalnya pengaruh media pembelajaran terhadapap minat belajar matematika siswa kelas 5 SDN Dukuhturi 02 Bumiayu Brebes. Variabel moderatornya adalah karakteristik gurunya, sedangkan variabel interveningnya: Karakteristik siswa, perlakuan orang tua, dll.
- Variabel kontrol, pemakaiannya dalam penelitian adalah sebagai obyek yang memberikan pengaruh secara teratur atau terkontrol sesuai arah si peneliti mengenai hubungan variabel bebas dan terikat.
Baca Juga:
Daftar Pustaka:
- Syaodih Sukmadinata Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv.
- Utsman Rochman. 2015. Panduan Statistika Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.
- Purwanto.(2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
- Riski Taufik Maulana. (online). 2015. website manajemen. Url: (http://rtmikki.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-dan-contoh-data.html) Diakses pada tanggal 11-09-2015.
- Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka
- Ps Djarwanto dan Pangestu Subagyo, 1985, Statistik Induktif, edisi ketiga, Yogyakarta, BPFE.
- Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
- Richard A. Johnson dan Gouri K. Bhattacharya. 2010. Statistics Principles & Methods. United States of America: John Wiley & Sons, Inc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar