Jumat, 27 Juli 2012

8 Hewan Laut Paling SERAM


1. Jaekelopterus rhenaniae
Jaekelopterus rhenaniae
Yang pertama adalah Jaekelopterus Rhenaniae. hewan ini termasuk dalam spesies sea scorpion (kalajengking laut). Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwara rata-rata panjang total dari hewan ini adalah 2,5 meter. Ini membuat hewan ini menjadi salah satu dari dua anthropoda terbesar yang pernah ditemukan. Meskipun hewan ini termasuk “kalajengking laut”, akan tetapi para ahli beranggapan bahwa hewan ini hidup di perairan tawar, seperti danau dan sungai.

  2. Giant Stingray
Giant Stingray
Yang kedua adalah Giant Stingray merupakan hewan prasejarah air yang masih hidup sampai saat ini, ikan pari-pari ini adalah salah satu-satunya ikan pari air tawar yang terbesar dan paling berbahaya yang pernah ada di dunia. Walaupun begitu, ikan ini mudah dilatih seperti anjing laut dan lumba-lumba.


3. Buaya Air Asin

Buaya air asin memiliki reputasi sebagai salah satu pemangsa paling ganas di dunia. Hewan yang dapat tumbuh hingga lebih dari enam meter dan berbobot 1.500 kilogram ini memiliki beragam mangsa, antara lain monyet, kanguru, banteng, ikan hiu, dan bahkan manusia. Dengan menggunakan kekuatan dahsyat, buaya air asin menggigit sambil memutar-mutar mangsanya di dalam air untuk melumpuhkan dan kemudian memakannya.

4. Ikan Buntal
Racun mematikan bernama Tetrodotoxin (TTX) terkandung dalam ikan berbadan gendut ini. Racun yang lebih kuat dari sianida tersebut mengakibatkan kesulitan bernafas pada seseorang sebelum berujung pada kematian. Yang unik, sejumlah koki profesional di Jepang memisahkan bagian daging yang bisa dikonsumsi dari ikan buntal sebagai hidangan dengan cita rasa tinggi.

5. Ikan Piranha
Ikan piranha bisa dikategorikan sebagai ikan ganas. Barisan gigi-gigi tajamnya tersusun rapat dan tersambung satu sama lainnya. Gigi-gigi ikan ini mempunyai design untuk menusuk dan mencabik-cabik daging dengan cepat. Selain itu ikan piranha juga memiliki nafsu makan yang rakus. Bahkan ikan ini akan sangat agresif terhadap jenisnya sendiri dan melakukan kanibalisme jika sedang lapar dan tidak ada pilihan lain.
Meski piranha berburu mangsa dengan kejam dan sangat teroganisir, pada saat defence tertentu ikan ini juga memakan tumbuhan seperti rumput. Penelitian juga menyatakan perilaku ikan ini yang membentuk sebuah kelompok besar sebagai pertahanannya terhadap predator seperti buaya dan lumba-lumba sungai sekaligus sebuah strategi untuk memangsanya.

6. Viperfish
Salah satu ikan predator ganas lainnya adalah Viperfish. Viperfish hidup di kedalaman lautan dan bisa tumbuh hingga mencapai panjang 2 m. Pada malam hari, makhluk mengerikan ini akan berenang menuju laut yang lebih dangkal, sekitar kurang dari 700 ft, dimana di situ terdapat lebih banyak makanan. Si muka seram yang panjangnya bisa mencapai 6 ft ini juga mempunyai gigi-gigi yang sangat menyeramkan bagi mangsanya.

7. Gulper Eel (Belut Gulper)
Mahluk sejenis belut ini biasa disebut Belut Pelican, dengan rahang besarnya yang menjulur ke bawah itu menjelaskan kenapa dinamai demikian. Mulutnya yang lentur dapat dibuka lebar-lebar untuk melahap mangsa yang lebih besar dari dirinya. Pencernaannya bisa meregang sehingga bisa menampung mangsa yang besar. Tapi meskipun rahang Guler ini besar, ukuran giginya relatif kecil. Monster ini menghuni lautan di kedalaman hingga ribuan kaki. Panjangnya bisa mencapai 6 ft.

8. Anglerfish

Dilihat dari tampilannya, ikan ini sangat menyeramkan, namanya Anglerfish. Ikan jenis ini banyak bersembunyi jauh di kedalaman lautan di kedalaman 3.300 hingga 6.600 ft di bawah lautan, panjangnya bisa mencapai 2 ft. ikan ini dinamakan demikian (anglerfish=ikan pemancing) karena caranya menangkap mangsa yang unik dengan menggunakan bagian tubuhnya yang menonjol keluar dari kepalanya yang mirip dengan kail pancing yang ajaibnya mampu mengeluarkan cahaya bioluminescent yang berasal dari jutaaan bakteri bercahaya yang menempel di situ. Hal ini cukup menarik mangsanya untuk mendekat dan begitu menyentuh "umpan" ini, Anglefish akan langsung bereaksi cepat melahapnya.

Di Ambil dari pencarian di Google

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...