Proses belajar mengajar merupakan sebuah kegiatan yang sekarang ini tidak hanya tranfer of knowledge melainkan proses cara anak belajar untuk mengembangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara mandiri dengan berbagaicara. dalam hal ini guru hanya berperan sebagai motivator, fasilitator, pembimbing dan menuntun jalannya proses pembelajaran.
Pendekatan, dapat diartikan sebagai cara memulai pembelajaran. Pendekatan mengacu pada seperangkat asumsi mengenai cara belajar mengajar. Pendekatan merupakan titik tolak dalam memandang sesuatu, suatu filsafat atau keyakinan yang tidak selalu mudah membuktikannya. Sehingga pendekatan bersifat aksiomatis( kebenaran tori yang digunakan tidak diragukan lagi). Jenis pendekatan itu sendiri ada dua yaitu pendekatan yang berpuasat pada siswa dan pendekatan berorientasi pada guru. Pendekatan dalam proses pembelajaran meliputi:
Strategi sdalah suatu teknik yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Atau dengan kata lain strategi pembelajaran adalah cara yang sistematik dalam mengkomunikasikan isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan pelajaran tertentu. Dick dan carey menyebutkan 5 komponen strategi pembelajaran yaitu:
Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan siswa, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Komponen strategi pembelajaran:
Metode pembelajaran, bersifat prosedural. Adalah rencana pembelajaran yang mencakup, pemilihan, penentuan, dan penyusunan secara sistematis bahan yang akan diajarkan, serta kemungkinan pengadaan remidi dan bagaimana pengembangannya. Dengan katalain sebagai cara guru mencapai tujuan pembelajaran dari awal sampai akhir yang terdiri atas lima kegiatan pokok. Perlu diketahui bahwa yang mempengaruhi metode pembelajaran adalah pendekatan pembelajaran. Macam metode pembelajaran:
Teknik pembelajaran, yang merupakan penjabaran dari metode pembelajaran. Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik di kelas pada saat tatap muka dalam penyajian bahan ajar agar tercapai tujuan pelajaran yang diinginkan. Bersifat implementasional (pelaksanaan). Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan teknik pembelajaran adalah:
Sedangak teknik pembelajaran terdiri dari teknik umum dan teknik khusus. Untuk teknik umum (dapat digunakan dalam semua mata pelajaran) yaitu:
Model pembelajaran, suatu perencanaan yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Fungsinya adalah sebagai pedoman perancangan dan pelaksanaan pembelajaraan. Macam model pembelajaran:
- Pendekatan saintifik
- Pendekatan berbasis masalah
- Pendekatan Quantum Teaching
- Pendekatan CBSA
- Pendekatan CTL
- Pendekatan Terpadu
Strategi sdalah suatu teknik yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Atau dengan kata lain strategi pembelajaran adalah cara yang sistematik dalam mengkomunikasikan isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan pelajaran tertentu. Dick dan carey menyebutkan 5 komponen strategi pembelajaran yaitu:
- Kegiatan pembelajaran
- Penyajian informasi
- Partisipasi siswa
- Tes
- Tindak lanjut
Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan siswa, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Komponen strategi pembelajaran:
- Urutan kegiatan pembelajaran
- Metode
- Media
- Dan waktu
Metode pembelajaran, bersifat prosedural. Adalah rencana pembelajaran yang mencakup, pemilihan, penentuan, dan penyusunan secara sistematis bahan yang akan diajarkan, serta kemungkinan pengadaan remidi dan bagaimana pengembangannya. Dengan katalain sebagai cara guru mencapai tujuan pembelajaran dari awal sampai akhir yang terdiri atas lima kegiatan pokok. Perlu diketahui bahwa yang mempengaruhi metode pembelajaran adalah pendekatan pembelajaran. Macam metode pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Diskusi
- Simulasi
- Laboraturium
- Pengalaman lapangan
- Brainstroming
- Debat
- Simposium dan sebagainya
- Mind Maping
- Story Telling
- TGT
- NHT
- CIRC
- Jigsaw
- Talking Stick
- Group Infestigation
Teknik pembelajaran, yang merupakan penjabaran dari metode pembelajaran. Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik di kelas pada saat tatap muka dalam penyajian bahan ajar agar tercapai tujuan pelajaran yang diinginkan. Bersifat implementasional (pelaksanaan). Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan teknik pembelajaran adalah:
- Situasi kelas
- Lingkungan
- Kondisi siswa
Sedangak teknik pembelajaran terdiri dari teknik umum dan teknik khusus. Untuk teknik umum (dapat digunakan dalam semua mata pelajaran) yaitu:
- Teknik ceramah
- T. Tanya jawab
- T. Teknik diskusi
- T. Ramu pendapat
- T. Pemberian tugas
- T. Latian
- T. Ingkuiry
- T. Demonstrasi
- T. Simulasi
- T. Drilling
- T. Jarimatika
- Sempoa
Model pembelajaran, suatu perencanaan yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Fungsinya adalah sebagai pedoman perancangan dan pelaksanaan pembelajaraan. Macam model pembelajaran:
- M. P. Kooperatif
- M. P. Kontekstual
- M. P Inkuiri
- M. P. Terpadu/ tematik
- M. Dengan pendekatan lingkungan
- M. Pengajaran langsung
- M. P. Kostruktivisme.
- M. P. Interaktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar