Senin, 10 Juni 2013

“Gadis Jakarta”

 
Ada novel menarik nih gan, judulnya “Gadis Jakarta” —karya Najib Kaelani—
Dijamin teman2 gak bakal nyesel dah baca nih novel, soalnya nih novel keren buanget gan hehe….:)selain teman2 bakal dapetin hiburan buat nyairin suasana hati & pikiran teman2 yg mungkin lagi terjerat berbagai persoalan hidup, teman2 jg bisa melihat seperti apa pandangan negara lain tentang fenomena G30 S yang terjadi di Indonesia waklu silam. Dan kabar gembiranya, nih novel udah dalam bahasa indonesia, terjemahan dari bahasa arab…so ga usah pusing2 nerjemahin dulu, tinggal santap aja gan halaman demi halamannya hehe

Sedikit ane certain sinopsisnya nih gan…

Noveli ini menceritakan kondisi pergolakan politik Indonesia tahun 1965. Novel ini mengisahkan perjuangan seorang gadis (Fatimah), —putri ketua Masyumi— membebaskan ayah dan kekasihnya yang ditahan oleh ‘partai’, karena menentang haluan ideology ‘partai'. PKI (Partai Komunis Indonesia) demikian menguasai percaturan politik Indonesia ketika itu, mereka menggunakan berbagai cara untuk mencapai cita-cita. Namun kegigihan Az Zaim (ketua partai) kandas oleh kegigihan seorang gadis muda. Karena cintanya ditolak, Az Zaim nekat menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan Fatimah, termasuk menculik dan memenjarakan sang ayah dan kekasih Fatimah.

Novel ini juga disebut novel sejarah, karena menceritakan babak demi babak pergolakan politik, yang menurut setting cerita ini adalah pemberontakan PKI. Penulis menggunakan berbagai simbol untuk memperkuat ide cerita, namun kesan romantis dari sebuah novel tetap terjaga dengan baik.

Novel ini adalah salah satu novel yang ditulis orang asing, khususnya Arab tentang kondisi Indonesia. Kedekatan ideologis antara Indonesia dan Mesir telah mengilhami penulis, layaknya kedekatan ideologi Masyumi dengan Ikhwanul Muslimin di Mesir.

Selamaaat membaca…:)
Bagi teman2 yang udah baca, selamat berbagi aja…lewat comment2 menarikmu di postingan ini…:)
yang tertarik versi Arabnya, baca "عذراء جكرتي"
Xie xie hehehe:)
This Story From: Muhammad Fauzi

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...