Kelas : 2 (Dua)
Tema : Bermain di Lingkunganku
B.
Kompetensi
Dasar
1.
Pendidikan
kewarganegaraan
·
Menerima kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
·
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih
sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral
Pancasila
·
Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di sekolah
·
Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah
2.
Pendidikan
Agama
·
Meyakini
adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
·
Menunjukkan
perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
·
Mengenal
hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
·
Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai
implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
3.
Matematika
·
Mengenal bilangan asli
sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokan dan
benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
·
Mengetahui ukuran lama
waktu di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan
menggunakan satuan waktu
·
Memecahkan masalah secara
efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas
sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya
4.
Bahasa
Indonesia
·
Memiliki kepedulian dan
rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah.
·
Memiliki perilaku santun
dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
·
Mengenal teks cerita narasi
sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
·
Memperagakan teks cerita
narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
5.
Seni
Budaya Keterampilan
·
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai
salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
·
Menunjukkan rasa ingin tahu
untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya
seni
·
Memahami budaya dan bahasa
daerah di tempat tinggalnya
·
Menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna
·
Membuat karya kreatif
dengan mengolah bahan alam di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat,
menggunting, dan menempel
C. Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Disiplin (Discipline)
2.
Tekun (Diligence)
3.
Tanggung jawab (Responsibility)
4.
Ketelitian (Carefulness)
5.
Kerja sama (Cooperation)
6.
Toleransi (Tolerance)
7.
Percaya diri (Confidence)
8.
Keberanian (Bravery)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar