Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SDN IT Brebes
Tema : Saling Menghormati
Kelas/Semester :2/1
Alokasi Waktu : 15 Menit
A. Standar Kompetensi:
1)
PKn
-
Membiasakan hidup bergotong royong
2)
Bahasa
Indonesia
-
Mendengarkan,
Memahami teks pendek dan puisi
anak yang dilisankan.
-
Berbicara,
Mengungkapkan pikiran,
persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
-
Membaca, Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
-
Menulis, Menulis
permulaan melalui kegiatan
melengkapi cerita dan dikte.
3) Matematika
-
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
B.
Kompetensi
Dasar:
1) PKn
-
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi
dan tolong menolong.
2) Bahasa Indonesia
- Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan
kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
- Berbicara: Menceritakan kegiatan sehari-hari
dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
- Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10-15
kalimat) yang dibaca dengan membaca lancer.
- Menulis: Menulis kalimat sederhana yang
didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan
penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
3) Matematika
-
Melakukan alat ukur waktu dengan satuan jam
(MAT).
C.
Indikator
1)
Menyebutkan pentingnya saling
menghormati .(PKn).
2)
Menyebutkan contoh kegiatan saling menghormati.
3)
Membaca Waktu (MTK).
4) Membuat
kalimat berdasarkan gambar (B. Indonesia).
5) Mengulangi
pernyataan yang telah disebutkan oleh guru dengan bahasa sendiri.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1)
Siswa mampu menyebutkan pentingnya saling
menghormati dengan mandiri.
2)
Siswa mampu menyebutkan contoh kegiatan saling
menghormati dengan berani.
3)
Siswa Mampu membaca Waktu dengan teliti.
4) Siswa
mampu membuat kalimat berdasarkan gambar dengan berani.
5) Siswa
mampu mengulangi pernyataan dari guru menggunakan bahasa sendiri dengan berani
E.
Materi
Pembelajaran
-
Saling
Menghormati, Membaca Waktu, dan Mengulangi pernyataan guru.
F.
Strategi
dan Metode Pembelajaran
-
Strategi
yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab.
-
Metode
yang digunakan adalah metode talking stick.
G.
KegiatanPembelajaran
1)
Kegiatan
awal
-
Guru
membuka pelajaran dengan salam.
-
Guru
menanyakan kabar siswa.
-
Guru
dan siswa berdoa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing
-
Guru
mengecek kehadiran siswa.
-
Guru
menginformasikan tentang tema yang dipelajari.
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru
memberikan apresepsi kepada siswa.
2)
Kegiatan
ini.
a)
Eksplorasi
-
Guru
menjelaskan arti pentingnya sikap saling menghormati
-
Guru
menjelaskan akibat dari tidak melaksanakan sikap saling menghormati.
-
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai contoh sikap saling menghormati.
-
Guru
menunjukan gambar contoh saling menghormati dalam lingkungan sekolah.
-
Guru
menjelaskan gambar contoh saling menghormati dalam lingkungan keluarga.
-
Guru
memberikan contoh cara membaca waktu.
b)
Elaborasi
-
Guru
menyiapkan Stick Sebagai alat bantu dalam strategi ini.
-
Guru
menyiapkan lagu yang mudah dan dapat dinyanyikan oleh siswa.
-
Siswa
kemudian diberikan sebuah tongkat.
- Siswa
menyanyikan lagu ”satu-satu” sambil menyerahkan tongkatnya kepada teman di
sampaingnya secara berkelanjutan.
-
Siswa
yang mendapatkan kata ibu, ayah, kakak, dan semuanya dalam lirik lagu satu-satu
akan mendapatkan pertanyaan dari guru.
- Siswa
yang mendapatkan pertanyaan akan diberikan beberapa perlakuan oleh guru.
Diantaranya adalah diminta membaca waktu, membuat kalimat sesuai dengan gambar
yang ditunjukan, dan mengulang kalimat yang telah diucapkan oleh guru.
c)
Konfirmasi
-
Siswa
kemudian menjawab pertanyaan yang telah diajukan oleh guru
-
Guru
mengkonfirmasi jawaban siswa.
-
Guru
emberi penguatan dan pelajaran tambahan kepada siswa.
-
Guru
memberikan penghargaan bagi anak yang telah menjawab pertanyaan dengan benar.
3)
Penutup
-
Guru
menyimpulkan pembelajaran yang telah kita laksanakan.
-
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
-
Guru
memberikan Lembar evaluasi kepada siswa.
-
Guru
memberikan tugas rumah.
-
Guru
memberikan pesan moral kepada siswa.
-
Guru
dan siswa bersama-sama mengucapkan hamdallah.
H.
Alat
dan Sumber Belajar
1)
Alat
: Stick, Laptop, LCD, Cartoon Art
2)
Sumber
belajar:
- Saraswati
Ekarini, dkk. 2008. Indahnya Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Purnomosidi,
dkk. 2008. Matematika 2. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
- Nurlailli,
Laili. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
I.
Penilaian
1) Test
2) Non Test
J.
Lampiran
1.
Materi Ajar
2.
Lembar Penilaian
3.
Kunci Jawaban
4.
Instrumen Penilaian
Mengetahui: Surakarta, 25 April 2013
Kepala SDN IT Brebes Guru
Kelas 2
Aisyah
Setiowati M.Pd. Faisal
Azmi Bakhtiar
NIP:03236292389471 Nim:
A510100256
1. Materi
Ajar
Saling Menghormati
Adalah sikap
yang sangat penting dimiliki oleh setiap manusia, karena dengan memiliki sikap
saling menghormati atar manusia makan tidak akan terjadi pertengkaran,
kekerasan, saling marah, perkelahian, dan lain sebagainya. Dalam kehidupan
sehari-hari terutama untuk siswa kelas 2 sekolah dasar. Kita harus menghoemati
seseorang atau oarang lain di sekitar kita.
Di lingkungan sekolah kita harus menghormati:
1. Bapak
Guru
2. Ibu
Guru
3. Kepala
sekolah
4. Penjaga
kebun
5. Kakak
tingkat/ Kakak kelas
6. Adik
kelas
Di lingkungan rumah/ keluarga kita harus menghormati:
1. Ibu
2. Bapak
3. Kakak
4. Kakek
dan Nenek
5. Adik
6. Taman
7. Paman
dan Bibi
8. Tetangga
Dalam kehidupan sehari-hari kita perlu menerapkan sikap
saling menghormati. Contoh sikap saling menghormati diantaranya adalah:
Dalam lingkungan sekolah :
1. Sebelum
Masuk Ruang kelas kita harus berjabat tangan dengan Ibu/ Bapak guru kelas.
2. Dalam
proses belajar mengajar kita sebagai siswa harus memperhatikan guru kita.
3. Berteman
dengan siapa saja tanpa memandang agama atau saling menghormati teman yang
berbeda agama.
4. Berteman
dan bermain bersama adik kelas maupun kakak kelas dengan damai.
5. Membantu
teman kita yang sedang membutuhkan bantuan
6. Bekerjasama
dengan teman-teman dalam kegiatan gotong royong.
Dalam Lingkungan keluaraga:
1. Ketika
berangkat sekolah kita harus berjabat tangan terlebih dahulu bersama ibu dan
babak.
2. Menuruti
perintah kedua orang tua kita.
3. Membantu
orang tua dalam menyelesaikan kegiatan sehari-hari dirumah. Sebagai contoh:
a.
Ani membantu ibu mencuci piring.
b.
Doni membantu ayah mencuci mobil.
c.
Dara membantu ibu menyiram tanaman.
d.
Dodo membantu ayah membersihkan taman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar