( RPP )
Sekolah : SDN IT Bumiayu Brebes
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan
Minggu ke- 4 sampai 6 (3 minggu)
I.
Standar Kompetensi
1.
Memahami sejarah, kenampakan alam dan
keragaman suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II.
Kompetensi Dasar
1.1
Mendeskripsikan
kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya
dengan keragaman sosial budaya
III.
Indikator
1.2.1
Mendefinisikan
pengertian kenampakan alam
1.2.2
Menjelaskanpengertian kenampakan alam di wilayah daratan maupun perairan
1.2.3
Membedakan
kenampakan alam berdasarkan ciri-cirinya
1.2.4
Menyebutkan
keragaman kenampakan alam di lingkungan Profinsi Jawa Tengah
1.2.5
Menyebutkan
kenampakan alam daratan di provinsi Jawa Tengah
1.2.6
Menyebutkan
kenampakan alam perairan di provinsi Jawa Tengah
1.2.7
Mendefinisikan
Pengertian sosial budaya
1.2.8
Menyebutkan
keragaman sosial budaya di profinsi Jawa
Tengah
1.2.9
Menyebutkan
ragam bahasa, adat istiadat, pakaian daerah,
dan kesenian daerah di profinsi Jawa Tengah
1.2.10
Memilih
gambar yang tepat mengenai kebudayaan di profinsi Jawa Tengah
1.2.11
Menggambar
logo Profinsi Pulau Jawa
1.2.12 Mendeskripsikan kenampakan alam di
lingkungan profinsi
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan mendefinisikan pengertian kenampakan alam siswa memiliki sifat peduli
lingkungan
2.
Dengan menjelaskan pengertian kenampakan alam di
wilayah daratan maupun perairan siswa memiliki sifat percaya diri
3.
Dengan membedakan kenampakan alam berdasarkan
ciri-cirinya siswa akan tekun dalam belajar mencari perbedaan kenampakan alam
4.
Dengan menyebutkan keragaman kenampakan alam di lingkungan ProfinsiJawaTengah
siswa akan merasa bertanggung Jawab untuk melestarikannya.
5.
Dengan menyebutkan kenampakan alam daratan di
provinsi JawaTengah akan menimbulkan rasa perhatian untuk peduli lingkungan.
6.
Dengan menyebutkan kenampakan alam perairan di
provinsi JawaTengah akan menimbulkan rasa perhatian untuk peduli lingkungan.
7.
Melalui mendefinisikan Pengertian sosial budaya siswa akan lebih percaya
diri.
8.
Dengan menyebutkan keragaman sosialbudaya di profinsi JawaTengah siswa
akan lebih percaya diri dan teliti
9.
Dengan menyebutkan ragam bahasa, adat istiadat, pakaian daerah, dan
kesenian daerah di profinsi JawaTengah siswa akan lebih percaya diri dan teliti
10.
Dengan memilih gambar yang tepat mengenai
kebudayaan di profinsi JawaTengah siswa akan menjadi lebih teliti
11.
Melalui menggambar logo Profinsi Pulau JawaTengah siswa akan lebih memiliki
rasa hormat dan perhatian terhadap kebersihan lingkungan profinsi JawaTengah
12.
Dengan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan profinsiJawaTengah
siswa akan lebih berani dan teliti dalam belajar.
V.
Materi Pokok
1.
Bab: Keragaman
Sosial dan Budaya BerdasarkanKenampakan Alam
2.
Subbab:
a. Keanekargaman
Kenampakan Alam
b. Keragaman
Sosial Budaya karena KeragamanKenampakan Alam
VI.
Model, Metode, dan Strategi Pembelajaran:
1.
Model:
Kontekstual Berbasis Cartoon Art
2.
Metode
: Diskusi, Ceramah, dan Tanya Jawab
3.
Strategi
: Examples Non Examples, Short Card, Numbered Head Together
VII.
Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 4-6)
1.
Kegiatan
awal
Guru
membuka pelajaran dengan salam.
Guru
menanyakan kabar siswa.
Guru
dan siswa berdoa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing
Guru
mengecek kehadiran siswa.
Guru
menginformasikan tentang materi yang dipelajari.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Guru
memberikan apresepsi kepada siswa.
a.
Pertemuan
1
1) Kegiatan inti
a) Eksplorasi, dalam kegiatan eksplorasi:
Menjelaskan tentang pengertian kenampakan
alam
Guru memberikan video tentang kenampakan
alam
Siswa diminta memperhatikan dan memahami
materi yang telah diberikan oleh guru
Guru memberi kesempatan siswa untuk
bertanya tentang aspek yang belum jelas atau paham
Guru menyiapkan gambar-gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran
Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan
guru.
b) Elaborasidalam kegiatan elaborasi:
Siswa diajak mengenali isi pesan yang
terkandung pada gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP atau LCD.
Siswa diberi kesempatan untuk
memperhatikan kemudian menerangkan gambar menurut presepsinya.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
keterangan gambar didiskusikan dan diuraikan kemudian dicatat pada lembar kertas kerja.
c) Konfirmas
dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasil uraian diskusinya.
Mulai dari komentar/ hasil diskusi siwa,
guru gambar didiskusikan materi sesuai tujuan yang ingin di capai.
Hasil diskusi dan presentasi kemudian di salin
kedalam buku tugas oleh masing-masing siswa.
Guru membubarkan kelompok dan siswa diminta
kembali ke tempat masing-masing.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
yang telah dilakukan.
Siswa menulis kesimpulan yang telah dibahas
bersama.
Guru mrmbrtikan kesempatan siswa untuk bertanya
tentang materi yang belum paham
b.
Pertemuan
2
1) Kegiatan inti
a) Eksplorasi,
dalam kegiatan eksplorasi:
Guru menjelaskan tentang kenampakan alam yang
ada di provinsi JawaTengah
Guru menjelaskan kenampakan alam wilayah
daratan yang terdapat di provinsi JawaTengah
Guru menjelaskan kenampakan alamwilayah
perairan yang terdapat di provinsi JawaTengah
Siswa memperhatkan dan memahami penjelasan
dari guru
Guru memberikan kesempatan siswa untuk
bertanya
Guru menyiapkan peralatan atau media
pembelajaran yang akan digunakan
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan yang
akan dilaksanakan selanjutnya
b) Elaborasi,
dalam kegiatan elaborasi:
Guru menempelkan mind maping di depan kelas.
Siswa dibentuk kelompok minimal 3 kelompok.
Masing-masing kelompok diberikan kartu yang
didalamnya terdapat penjelasan tentang kenampakan alam yang terdapat di
provinsi JawaTengah.
Siswa diminta mendiskusikannya terlebih dahulu
bersama teman dalam satu kelompok.
Guru mengatur dan membimbing siswa.
Siswa kemudian menempelkan kartu sesuai dengan
tempat dalam mind maping
Setelah selesai menempelkan kemudian siswa
diminta duduk kembali sesuai kelmpok.
c) Konfirmasi,
dalam kegiatan konfirmasi:
Guru meminta perwakilan dari tiap kelompok
untuk presentasi tentang kartu yang sudah ditempelkan dalam maind mapping
kenampakan alam
Siswa diminta menyebutkan contoh kenampakan
alam yang ada propinsi JawaTengah
Tugas guru adalah memberikan konfirmasi dan
penguatan ketika masing-masing kelompok selesai melakukan presentasi
Hasil diskusi dan presentasi kemudian di salin
kedalam buku tugas oleh masing-masing siswa.
Guru membubarkan kelompok dan siswa diminta
kembali ke tempat masing-masing.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
yang telah dilakukan.
Siswa menulis kesimpulan yang telah dibahas
bersama.
Guru mrmbrtikan kesempatan siswa untuk bertanya
tentang materi yang belum paham
c.
Pertemuan
3
1) Kegiatan inti
a) Eksplorasi,
Dalam kegiatan eksplorasi:
Guru menjelaskan tentang keragaman sosial dan
budaya di provinsi JawaTengah
Guru menjelaskan kragaman sosial budaya dapat
dilihat dari bahasa, adat istiadat, pakaian adat daerah, dan kesenian daerah.
Guru menyiapkan peralatan atau media
pembelajaran yang akan digunakan.
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan yang
akan dilaksanakan selanjutnya.
b) Elaborasi,
Dalam kegiatan elaborasi:
Siswa diminta membentuk 4 kelompok
Setiap siswa mendapatkan nomor
Masing-masing kelompok membahas tentang bahasa,
adat istiadat, pakaian adat daerah, dan kesenian daerah yang berada di
JawaTengah.
Setelah itu masing-masing kelompok kemudian
mengelompokan pembahasan tersebut sesuai dengan kenampakan alam di wilayah
daratan.
Guru bertugas mengawasi dan membantu siswa
dalam berdiskusi
c) Konfirmasi,
Dalam kegiatan konfirmasi:
Guru memanggil salah satu nomor siswa untuk
presentasi hasil diskusi kelompok
Kelompok lain memperhatikan dan memberikan
pertanyaan kepada kelompok yang presentasi
Guru memanggil nomor siswa dalam kelompok
tersebut untuk menJawab pertanyaan siswa.
Kegiatan tersebut dilakukan sampai semua
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
Tugas guru memberikan Jawaban dan penguatan
serta konfirmasi ketika kelompok sedang presentasi di depan kelas.
Hasil presentasi keseluruhan kelompok kemudian
di salim dalam buku tugas sebagai penilaian portofolio.
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
tentang materi yang belum paham
d.
Kegiatan
Penutup, dalam kegiatan
penutup, guru:
Guru
menyimpulkan kembali pembelajaran yang telah dilaksanakan mengenai kenampakan
alam dan sosial budaya di provinsi JawaTengah.
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi kenampakan alam
dan sosial budaya.
Guru
memberikan Lembar evaluasi kepada siswa.
Guru
memberikan tugas rumah untuk menggambar logo provinsi JawaTengah.
Guru
memberikan pesan moral kepada siswa.
Guru
dan siswa bersama-sama menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan
hamdallah.
VIII.
AlatdanSumber
Bahan
1.
Alat
Peraga :Video Kenampakan alam, gambar kenampakan alam, gambar
pakaian adat, kesenian, Mind Mapping, Laptop, Lcd,
2.
Sumber
:
Amalia Shendy, Ieawan SS. 2008. Ilmu pegetahuan sosial 4: SD/MI kelas IV. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
IX.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1.
Mendefinisikan
pengertian kenampakan alam
2.
Menjelaskan pengertian kenampakan alam di
wilayah daratan maupun perairan
3.
Membedakan kenampakan alam berdasarkan
ciri-cirinya
4.
Menyebutkan
keragaman kenampakan alam di lingkungan ProfinsiJawaTengah
5.
Menyebutkan kenampakan alam daratan di
provinsi JawaTengah
6.
Menyebutkan kenampakan alam perairan di
provinsi JawaTengah
7.
Mendefinisikan
Pengertian sosial budaya
8.
Menyebutkan
keragaman sosialbudaya di
profinsi JawaTengah
9.
Menyebutkan ragam bahasa, adat istiadat, pakaian daerah, dan
kesenian daerah di profinsi JawaTengah
10. Mendeskripsikan kenampakan alam di
lingkungan profinsi
|
Tes Tulis
|
Pilihan ganda dan Uraian
|
Terlampir
dalam soal evaluasi
|
11.
Menyebutkan kenampakan alam perairan di
provinsi Jawa Tengah
12.
Mendefinisikan
Pengertian sosial budaya
13.
Menyebutkan
keragaman sosialbudaya di
profinsi Jawa Tengah
14.
Menyebutkan ragam bahasa, adat istiadat, pakaian daerah, dan
kesenian daerah di profinsi Jawa Tengah
15.
Mendeskripsikan
kenampakan alam di lingkungan profinsi
16.
Menggambar
logo Profinsi Pulau Jawa
17.
Memilih
gambar yang tepat mengenai kebudayaan di profinsi Jawa Tengah
|
Nontes
|
Portofolio
|
Resuman
tugas tiap diskusi dan presentasi
Menggambar
logo propinsi Jawa Tengah
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Brebes, 25 April 2013
Mengetahui
Kepala SDN IT Bumiayu Brebes Guru Kelas
Dr. Sujipto Iskandar,
M.Pd. Faisal
Azmi Bakhtiar, S,Pd
NIP : 001000010001010111 NIM:
A510100256
Tidak ada komentar:
Posting Komentar