Minggu, 12 Mei 2013

RPP kelas IV/I (4 Pertemuan)



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN IT Bumiayu Brebes
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester            :   IV/I
Alokasi Waktu             :   9 jam pelajaran @ 35 menit
                                          Pertemuan Minggu ke-  4 sampai 6 (3 minggu)



I.                   Standar Kompetensi
1.       Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II.                Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya   
III.             Indikator
1.2.1        Mendefinisikan pengertian kenampakan alam
1.2.2        Menjelaskanpengertian kenampakan alam di wilayah daratan maupun perairan
1.2.3        Membedakan kenampakan alam berdasarkan ciri-cirinya
1.2.4        Menyebutkan keragaman kenampakan alam di lingkungan Profinsi Jawa Tengah
1.2.5        Menyebutkan kenampakan alam daratan di provinsi Jawa Tengah
1.2.6        Menyebutkan kenampakan alam perairan di provinsi Jawa Tengah
1.2.7        Mendefinisikan Pengertian sosial budaya
1.2.8        Menyebutkan keragaman sosial budaya di profinsi  Jawa Tengah
1.2.9        Menyebutkan ragam  bahasa, adat istiadat, pakaian daerah, dan kesenian daerah di profinsi Jawa Tengah
1.2.10    Memilih gambar yang tepat mengenai kebudayaan di profinsi Jawa Tengah
1.2.11    Menggambar logo Profinsi Pulau Jawa
1.2.12    Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan profinsi
IV.  Tujuan Pembelajaran
1.                            Dengan mendefinisikan pengertian kenampakan alam siswa memiliki sifat peduli lingkungan
2.                            Dengan menjelaskan pengertian kenampakan alam di wilayah daratan maupun perairan siswa memiliki sifat percaya diri
3.                            Dengan membedakan kenampakan alam berdasarkan ciri-cirinya siswa akan tekun dalam belajar mencari perbedaan kenampakan alam
4.                            Dengan menyebutkan keragaman kenampakan alam di lingkungan ProfinsiJawaTengah siswa akan merasa bertanggung Jawab untuk melestarikannya.
5.                            Dengan menyebutkan kenampakan alam daratan di provinsi JawaTengah akan menimbulkan rasa perhatian untuk peduli lingkungan.
6.                            Dengan menyebutkan kenampakan alam perairan di provinsi JawaTengah akan menimbulkan rasa perhatian untuk peduli lingkungan.
7.                            Melalui mendefinisikan Pengertian sosial budaya siswa akan lebih percaya diri.
8.                            Dengan menyebutkan keragaman sosialbudaya di profinsi  JawaTengah siswa akan lebih percaya diri dan teliti
9.                            Dengan menyebutkan ragam  bahasa, adat istiadat, pakaian daerah, dan kesenian daerah di profinsi JawaTengah siswa akan lebih percaya diri dan teliti
10.                        Dengan  memilih gambar yang tepat mengenai kebudayaan di profinsi JawaTengah siswa akan menjadi lebih teliti
11.                        Melalui menggambar logo Profinsi Pulau JawaTengah siswa akan lebih memiliki rasa hormat dan perhatian terhadap kebersihan lingkungan profinsi JawaTengah
12.                        Dengan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan profinsiJawaTengah siswa akan lebih berani dan teliti dalam belajar.
V.                 Materi Pokok
1.      Bab: Keragaman Sosial dan Budaya BerdasarkanKenampakan Alam
2.      Subbab:
a.       Keanekargaman Kenampakan Alam
b.      Keragaman Sosial Budaya karena KeragamanKenampakan Alam
VI.              Model, Metode, dan Strategi Pembelajaran:
1.      Model: Kontekstual Berbasis Cartoon Art
2.      Metode : Diskusi, Ceramah, dan Tanya Jawab
3.      Strategi : Examples Non Examples, Short Card, Numbered Head Together
VII.           Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 4-6)
1.      Kegiatan awal
­      Guru membuka pelajaran dengan salam.
­      Guru menanyakan kabar siswa.
­      Guru dan siswa berdoa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing
­      Guru mengecek kehadiran siswa.
­      Guru menginformasikan tentang materi yang dipelajari.
­      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
­      Guru memberikan apresepsi kepada siswa.
a.       Pertemuan 1
1)  Kegiatan inti
a)      Eksplorasi, dalam kegiatan eksplorasi:
­ Menjelaskan tentang pengertian kenampakan alam
­ Guru memberikan video tentang kenampakan alam
­ Siswa diminta memperhatikan dan memahami materi yang telah diberikan oleh guru
­ Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang aspek yang belum jelas atau paham
­ Guru menyiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
­ Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
b)      Elaborasidalam kegiatan elaborasi:
­ Siswa diajak mengenali isi pesan yang terkandung pada gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP atau LCD.
­ Siswa diberi kesempatan untuk memperhatikan kemudian menerangkan gambar menurut presepsinya.
­ Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, keterangan gambar didiskusikan dan diuraikan kemudian dicatat pada lembar kertas kerja.
c)      Konfirmas dalam kegiatan konfirmasi:
­ Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil uraian diskusinya.
­ Mulai dari komentar/ hasil diskusi siwa, guru gambar didiskusikan materi sesuai tujuan yang ingin di capai.
­ Hasil diskusi dan presentasi kemudian di salin kedalam buku tugas oleh masing-masing siswa.
­ Guru membubarkan kelompok dan siswa diminta kembali ke tempat masing-masing.
­ Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.
­ Siswa menulis kesimpulan yang telah dibahas bersama.
­ Guru mrmbrtikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang belum paham
b.      Pertemuan 2
1)  Kegiatan inti
a)      Eksplorasi, dalam kegiatan eksplorasi:
­ Guru menjelaskan tentang kenampakan alam yang ada di provinsi JawaTengah
­ Guru menjelaskan kenampakan alam wilayah daratan yang terdapat di provinsi JawaTengah
­ Guru menjelaskan kenampakan alamwilayah perairan yang terdapat di provinsi JawaTengah
­ Siswa memperhatkan dan memahami penjelasan dari guru
­ Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
­ Guru menyiapkan peralatan atau media pembelajaran yang akan digunakan
­ Guru menjelaskan mekanisme kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya
b)      Elaborasi, dalam kegiatan elaborasi:
­ Guru menempelkan mind maping di depan kelas.
­ Siswa dibentuk kelompok minimal 3 kelompok.
­ Masing-masing kelompok diberikan kartu yang didalamnya terdapat penjelasan tentang kenampakan alam yang terdapat di provinsi JawaTengah.
­ Siswa diminta mendiskusikannya terlebih dahulu bersama teman dalam satu kelompok.
­ Guru mengatur dan membimbing siswa.
­ Siswa kemudian menempelkan kartu sesuai dengan tempat dalam mind maping
­ Setelah selesai menempelkan kemudian siswa diminta duduk kembali sesuai kelmpok.
c)      Konfirmasi, dalam kegiatan konfirmasi:
­ Guru meminta perwakilan dari tiap kelompok untuk presentasi tentang kartu yang sudah ditempelkan dalam maind mapping kenampakan alam
­ Siswa diminta menyebutkan contoh kenampakan alam yang ada propinsi JawaTengah
­ Tugas guru adalah memberikan konfirmasi dan penguatan ketika masing-masing kelompok selesai melakukan presentasi
­ Hasil diskusi dan presentasi kemudian di salin kedalam buku tugas oleh masing-masing siswa.
­ Guru membubarkan kelompok dan siswa diminta kembali ke tempat masing-masing.
­ Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.
­ Siswa menulis kesimpulan yang telah dibahas bersama.
­ Guru mrmbrtikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang belum paham
c.       Pertemuan 3
1)  Kegiatan inti
a)      Eksplorasi, Dalam kegiatan eksplorasi:
­ Guru menjelaskan tentang keragaman sosial dan budaya di provinsi JawaTengah
­ Guru menjelaskan kragaman sosial budaya dapat dilihat dari bahasa, adat istiadat, pakaian adat daerah, dan kesenian daerah.
­ Guru menyiapkan peralatan atau media pembelajaran yang akan digunakan.
­ Guru menjelaskan mekanisme kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya.
b)      Elaborasi, Dalam kegiatan elaborasi:
­ Siswa diminta membentuk 4 kelompok
­ Setiap siswa mendapatkan nomor
­ Masing-masing kelompok membahas tentang bahasa, adat istiadat, pakaian adat daerah, dan kesenian daerah yang berada di JawaTengah.
­ Setelah itu masing-masing kelompok kemudian mengelompokan pembahasan tersebut sesuai dengan kenampakan alam di wilayah daratan.
­ Guru bertugas mengawasi dan membantu siswa dalam berdiskusi
c)      Konfirmasi, Dalam kegiatan konfirmasi:
­ Guru memanggil salah satu nomor siswa untuk presentasi hasil diskusi kelompok
­ Kelompok lain memperhatikan dan memberikan pertanyaan kepada kelompok yang presentasi
­ Guru memanggil nomor siswa dalam kelompok tersebut untuk menJawab pertanyaan siswa.
­ Kegiatan tersebut dilakukan sampai semua kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
­ Tugas guru memberikan Jawaban dan penguatan serta konfirmasi ketika kelompok sedang presentasi di depan kelas.
­ Hasil presentasi keseluruhan kelompok kemudian di salim dalam buku tugas sebagai penilaian portofolio.
­ Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang belum paham
d.      Kegiatan Penutup, dalam kegiatan penutup, guru:
­      Guru menyimpulkan kembali pembelajaran yang telah dilaksanakan mengenai kenampakan alam dan sosial budaya di provinsi JawaTengah.
­      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi kenampakan alam dan sosial budaya.
­      Guru memberikan Lembar evaluasi kepada siswa.
­      Guru memberikan tugas rumah untuk menggambar logo provinsi JawaTengah.
­      Guru memberikan pesan moral kepada siswa.
­      Guru dan siswa bersama-sama menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan hamdallah.

VIII.        AlatdanSumber Bahan
1.      Alat Peraga       :Video Kenampakan alam, gambar kenampakan alam, gambar pakaian adat, kesenian, Mind Mapping, Laptop, Lcd,
2.                                                   Sumber :  Amalia Shendy, Ieawan SS. 2008. Ilmu pegetahuan sosial 4: SD/MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional





IX.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Mendefinisikan pengertian kenampakan alam
2.      Menjelaskan pengertian kenampakan alam di wilayah daratan maupun perairan
3.      Membedakan kenampakan alam berdasarkan ciri-cirinya
4.      Menyebutkan keragaman kenampakan alam di lingkungan ProfinsiJawaTengah
5.      Menyebutkan kenampakan alam daratan di provinsi JawaTengah
6.      Menyebutkan kenampakan alam perairan di provinsi JawaTengah
7.      Mendefinisikan Pengertian sosial budaya
8.      Menyebutkan keragaman sosialbudaya di profinsi  JawaTengah
9.      Menyebutkan ragam  bahasa, adat istiadat, pakaian daerah, dan kesenian daerah di profinsi JawaTengah
10.  Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan profinsi
­      Tes Tulis
­      Pilihan ganda dan Uraian
­      Terlampir dalam soal evaluasi

11.  Menyebutkan kenampakan alam perairan di provinsi Jawa Tengah
12.  Mendefinisikan Pengertian sosial budaya
13.  Menyebutkan keragaman sosialbudaya di profinsi  Jawa Tengah
14.  Menyebutkan ragam  bahasa, adat istiadat, pakaian daerah, dan kesenian daerah di profinsi Jawa Tengah
15.  Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan profinsi
16.  Menggambar logo Profinsi Pulau Jawa
17.  Memilih gambar yang tepat mengenai kebudayaan di profinsi Jawa Tengah
­      Nontes
­      Portofolio
­      Resuman tugas tiap diskusi dan presentasi
­      Menggambar logo propinsi Jawa Tengah
Format Kriteria Penilaian      
&       Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&       Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Pengetahuan


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Brebes, 25 April 2013
        Mengetahui                                                                               
        Kepala SDN IT Bumiayu Brebes                         Guru Kelas


          Dr. Sujipto Iskandar, M.Pd.                                Faisal Azmi Bakhtiar, S,Pd
NIP : 001000010001010111                                NIM: A510100256

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru:

MAGNET

Gaya magnet adalah gaya tarik atau gaya tolak yang dihasilkan oleh suatu medan magnet. Beberapa logam, seperti besi tertentu memiliki medan ...

Postingan Populer