Selasa, 12 Maret 2013

Bloom (3 kategori mengajar)




Domain Kognitif (berkenaan dengan penguasaan kemampuan-kemampuan intelektual atau berpikir). Domain Afektif (berkenaan dengan penguasaan dan pengembangan perasaan, sikap, minat, dan nilai-nilai). Domain Psikomotpr (penguasaan keterampilam motorik).
1.      Domain kognitif yaitu, Pengetahuan, Pemahaman, Aplikasi, Analisis, Sintesis, Evaluasi
2.      Domain afektifyaitu, Menerima, Merespons, Menilai, Mengorganisasi nilai, Nilai-nilai
3. Domain Psikomotoryaitu, Gerakan refleks, Gerakan-gerakan dasar, Kecakapan mengamati, Kecakapan jasmaniah, Gerakan-gerakan keterampilan, Komunikasi berkesinambungan.
Keuntungan menyusun tujuan mengajar dalam betuk tujuan khusus. Tujuan khusus memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar-mengajar kepada peserta didik. Tujuan khusus membantu memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar. Tujuan khusus memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media mengajar. Tujuan khusus memudahkan guru melakukan penilaian.
Kesukaran dalam menyusun tujuan khusus, Sukar dalam menyusun tujuan-tujuan khusus untuk domain afektif. Sukar dalam menyusun tujuan-tujuan khusus pada tingkat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...