menurut Rowntree (1974)
1. Interaksi
insani, media ini merupakan
komunikasi langsung antara dua orang atau lebih. Dalam komunikasi tersebut
kehadiran sesuatu pihak secara sadar atau tidak sadar mempengaruhi perilaku
yang lainnya.
2. Realita, realita merupakan bentuk perangsang nyata seperti
orang-orang, binatang, benda, peristiwa, dsb. Dalam hal ini, bentuk perangsang
hanya menjadi objek pengamatan/studi siswa.
3. Pictorial,
media ini menunjukkan
penyajian berbagai bentuk variasi gambar atau diagram nyata atau simbol,
bergerak atau tidak, dibuat di atas kertas, film, kaset, disket, dsb nya.
(sifatnya bervariasi).
4.
Simbol
Tertulis, media ini merupakan
media penyajian informasi yang paling umum, tetapi tetap efektif. Bentuknya
berupa buku teks, buku paket, modul, dll. Dalam penulisan simbol-simbol
biasanya dilengkapi dengan media pictorial.
5. Rekaman
Suara, berbagai bentuk
informasi dapat disampaikan kepada anak dalam bentuk rekaman suara. Rekaman
suara disajikan secara tersendiri atau digabung dengan media pictorial. Namun
demikian, penggunaan rekaman suara tanpa gambar dalam pengajaran bahasa cukup
efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar