Selasa, 12 Maret 2013

MEDIA MENGAJAR

Media mengajar atau media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan merangsang pikiran siswa. Media pembelajaran dapat berupa objek fisik, teknologi, atau kombinasi keduanya.
 




Jenis media pembelajaran
  • Media visual, seperti gambar, foto, sketsa, diagram, peta konsep, grafik, kartun, poster, peta atau globe, dan papan buletin
  • Media audio, seperti radio, alat perekam pita mekanik, hingga laboratorium bahasa
  • Media audiovisual, seperti program televisi, video pendidikan, instruksional, program slide suara, dan sebagainya
  • Media interaktif
  • Media realitas virtual (VR) dan realitas augmentasi (AR)
  • Media online dan e-learning
  • Media visualisasi data
  • Media sosial
  • Media cerita naratif

Manfaat media pembelajaran

  • Membantu siswa memahami dan menguasai materi pelajaran
  • Meningkatkan keterlibatan siswa
  • Meningkatkan pemahaman konsep
  • Meningkatkan daya ingat
  • Mendorong pembelajaran kolaboratif
  • Memfasilitasi pembelajaran mandiri
  • Membantu membangun kepercayaan diri siswa

Contoh media pembelajaran
  • Buku dan materi cetak, Papan tulis, Papan flanel, Display, Relia, Poster, Bagan, Herbarium.

Media mengajar menurut Rowntree (1974) :
  1. Interaksi insani, media ini merupakan komunikasi langsung antara dua orang atau lebih. Dalam komunikasi tersebut kehadiran sesuatu pihak secara sadar atau tidak sadar mempengaruhi perilaku yang lainnya.
  2. Realita, realita merupakan bentuk perangsang nyata seperti orang-orang, binatang, benda, peristiwa, dsb. Dalam hal ini, bentuk perangsang hanya menjadi objek pengamatan/studi siswa.
  3. Pictorial, media ini menunjukkan penyajian berbagai bentuk variasi gambar atau diagram nyata atau simbol, bergerak atau tidak, dibuat di atas kertas, film, kaset, disket, dsb nya. (sifatnya bervariasi).
  4. Simbol Tertulis, media ini merupakan media penyajian informasi yang paling umum, tetapi tetap efektif. Bentuknya berupa buku teks, buku paket, modul, dll. Dalam penulisan simbol-simbol biasanya dilengkapi dengan media pictorial.
  5. Rekaman Suara, berbagai bentuk informasi dapat disampaikan kepada anak dalam bentuk rekaman suara. Rekaman suara disajikan secara tersendiri atau digabung dengan media pictorial. Namun demikian, penggunaan rekaman suara tanpa gambar dalam pengajaran bahasa cukup efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru:

Sambutan Pengurus KKG

Dibawah ini sambutan sebagai pengurus forum kelompok kerja guru pada pembukaan kegiatan KKG di gugus atau sekbin di kecamatan.

Postingan Populer