Selasa, 12 Maret 2013

Komponen kurikulum



 
Fitri Puji Rahmawati
Kurikulum Sebagai Suatu Sistem
Sistem adalah sekelompok atau seperangkat objek/bagian/komponen yang independen dan berhubungan satu sama lain yang dapat menyelesaikan seperangkat tujuan yang telah ditetapkan.
Sebagai suatu sistem kurikulum, terdiri atas tujuan, bahan ajar, strategi mengajar, media mengajar, evaluasi, dan penyempurnaan. Kurikulum memiliki 6 komponen yaitu:
1.      Tujuan
Tujuan meliputi, tujuan umum dan khusus, jangka panjang, menengah, dan jangka pendek. Kurikulum harus memiliki relevansi atau kesesuaian. Kesesuaian ini meliputi:
a.       Kesesuaian antara kurikulum dengan tuntutan, kebutuhan, kondisi, dan perkembangan masyarakat.
b.      Kesesuaian antarkomponen kurikulum
Tujuan mengajar (tujuan khusus) dibedakan atas beberapa kategori sesuai dengan perilaku yang menjadi sasarannya.Gage dan Briggs, 5 kategori tujuan:
a.       intellectual skills
b.      cognitive strategis
c.       verbal information
d.      motor skills
e.       attitudes
2.      Bahan Ajar
Tugas seorang guru untuk menciptakan lingkungan belajar peserta didik dalam bentuk interaksi dengan lingkungannya sehingga mendorong peserta didik melakukan interaksi yang produktif dan memberikan pengalaman belajar yang dibutuhkan.
Sumber bahan dapat juga berupa tempat (museum, kantor, stasiun, dan sebagainya). Dapat juga berupa orang (camat, kades, petani, sopir, dll.). Barang cetakan (buku, majalah, surat kabar, brosur, dan sebagainya). Bahan ajar tersusun atas topik-topik dan subtopik tertentu yang mengandung ide pokok yang relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan. Topik dan subtopik tersebut tersusun dalam sekuens tertentu yang membentuk sekuens bahan ajar.
a.       Sekuens kronologis
b.      Sekuens kausal
c.       Sekuens struktural
d.      Sekuens logis dan psikologis
e.       Sekuens spiral.
f.       Rangkaian kebelakang.
g.      Sekuens berdasarkan hierarki belajar.
3.      Strategi mengajar
Penyusunan bahan ajar berhubungan erat dengan strategi atau metode mengajar. Ketika guru menyusun bahan ajar, maka ia juga harus memikirkan strategi mengajar yang sesuai untuk menyajikan bahan ajar.
4.      Media Mengajar
Media mengajar merupakan segala macam bentuk perangsang yang disediakan guru untuk mendorong keaktifan peserta didik dalam belajar.
5.      Evaluasi Pengajaran
Komponen utama setelah tujuan, bahan ajar, strategi mengajar, dan media mengajar adalah evaluasi dan penyempurnaan.Evaluasi ditujukan untuk menilai pencapaian tujuan yang telah ditentukan serta menilai proses pelaksanaanmengajar secara keseluruhan.Evaluasi meliputi, evaluasi hasil belajar-mengajar dan evaluasi pelaksanaan mengajar.
6.      Penyempurnaan Pengajaran
Hasil evaluasi secara keseluruhan, merupakan umpan balik bagi penyempurnaan lebih lanjut. Suatu komponen mendapat penyempurnaan, diliht berdasarkan peranan dan tingkat kelemahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...