Sabtu, 07 September 2024

Pembahasan Modul Merancang Modul Projek SD

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi







Pemilihan Elemen Profil Pelajar Pancasila

Aktivitas Pemilihan Elemen dan Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila serta penentuan kriteria pencapaian

Video tersebut memandu guru tentang cara merancang model Proyek untuk profil siswa Pancasila, dengan fokus pada penentuan elemen dan sub-elemen dimensi profil. Ini membahas pentingnya dimensi-dimensi tersebut, proses seleksi elemen dan sub-elemen, serta dampaknya terhadap pencapaian kompetensi siswa. Video tersebut memberikan langkah-langkah untuk menentukan sub-elemen dan target pencapaian, menyesuaikannya berdasarkan perkembangan siswa, dan memastikan kesinambungan dalam kegiatan pembelajaran proyek. Guru termotivasi untuk terus mengembangkan kompetensinya demi kepentingan siswa dan negara.

Pemilihan Elemen dan Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila serta penentuan kriteria pencapaian



Latihan Pemahaman
Soal 1 dari 1 Untuk membantu fokus dalam melihat ketercapaian kompetensi murid, maka disarankan untuk mengambil beberapa dimensi, elemen dan sub-elemen profil pelajar pancasila sebanyak .......
  • Seluruh elemen yang tersedia
  • 5 elemen yang tersedia
  • Jawaban 2 sampai 3 elemen yang tersedia
  • S emua salah

Cerita Reflektif Menurut Ibu dan Bapak, hal apa yang dapat memudahkan Ibu dan Bapak dalam pemilihan elemen dan sub elemen dimensi profil pelajar pancasila?
Menyesuaikannya berdasarkan perkembangan siswa, dan memastikan kesinambungan dalam kegiatan pembelajaran proyek.



Merancang Rubrik Asesmen Projek

Merancang rubrik asesmen projek SD

Video tersebut membahas pentingnya dan strategi merancang rubrik penilaian untuk proyek sekolah dasar. Guru dibimbing melalui proses pembuatan rubrik yang efektif, yang membantu dalam mengevaluasi keterampilan siswa secara komprehensif dan membuat proses penilaian lebih efisien. Dengan melibatkan siswa dalam desain rubrik, mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kriteria penilaian dan melihatnya sebagai peluang untuk pengembangan pribadi. Contoh proyek tari Indonesia digunakan untuk mengilustrasikan penerapan praktis rubrik. Video ini diakhiri dengan mendorong guru untuk melibatkan siswa dalam proses desain untuk membuat penilaian yang bermakna dan efektif.

Merancang rubrik asesmen projek SD




Sudah Siap Merancang Modul Projek?

Video tersebut membahas kemajuan siswa dalam mempelajari profil proyek dan membahas kekhawatiran mereka tentang kompleksitas merancang modul proyek. Guru meyakinkan mereka bahwa itu hanya membutuhkan tiga komponen dan mendorong mereka untuk tetap termotivasi dan nyaman saat mereka terus belajar.


Latihan Pemahaman
Soal 1 dari 1 Saat merancang rubrik asesmen projek, maka tidak perlu melibatkan murid dalam pembnuatannya. Pernyataan di atas adalah...
Jawaban: Salah

Cerita Reflektif Setelah memahami cara merancang modul projek, yang akan saya lakukan adalah....
Mencoba untuk merancang rubrik asesmen projek dimana didalamnya membahas kemajuan siswa dalam mempelajari profil proyek dan membahas kekhawatiran mereka tentang kompleksitas merancang modul proyek.


Merancang Modul Projek

Aktivitas Merancang Modul Projek

Video tersebut memberikan panduan komprehensif tentang perancangan modul proyek untuk memperkuat profil mahasiswa Pancasila. Ini menguraikan empat komponen utama: profil modul, tujuan, kegiatan, dan penilaian. Guru didorong untuk menyesuaikan komponen-komponen ini dengan kebutuhan siswa dan kondisi sekolah mereka. Video tersebut menekankan pentingnya tujuan pembelajaran yang jelas, memahami kebutuhan siswa, dan menggabungkan berbagai metode penilaian. Ini juga memberikan contoh praktis dan diakhiri dengan dorongan bagi guru untuk berinovasi dan menyesuaikan modul proyek dengan konteks unik mereka.

Lampiran Merancang Modul Projek

Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Gaya Hidup Berkelanjutan)

Video tersebut menguraikan langkah-langkah untuk merancang modul proyek untuk siswa sekolah dasar yang berfokus pada gaya hidup berkelanjutan. Ini mencakup prinsip-prinsip desain proyek, pentingnya pendekatan kontekstual dan berpusat pada siswa, dan penggunaan penilaian diagnostik. Ini memberikan contoh dari SD Cita Selamat yang menunjukkan proses dari mengidentifikasi masalah lingkungan hingga implementasi dan evaluasi program pengelolaan sampah. Video ini diakhiri dengan refleksi tentang sifat holistik dan eksploratif proyek, mendorong pendidik untuk mengembangkan proyek gaya hidup berkelanjutan mereka sendiri.



Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Kearifan Lokal)

Video tersebut menjelaskan tahap keenam perencanaan proyek untuk memperkuat profil siswa Pancasila, dengan fokus pada perancangan atau modifikasi modul untuk kelas 5 dan 6 dengan tema kearifan lokal. Ini merangkum lima tahap pertama dan menekankan penerapan prinsip-prinsip seperti pendekatan holistik dan berpusat pada siswa. Tema proyek membahas pergeseran dari makanan tradisional ke makanan cepat saji dan mencakup berbagai dimensi dan penilaian formatif. Alur proyek melibatkan pengenalan kearifan lokal, mengkontekstualisasikan perubahan sosial, mengumpulkan data, dan menerapkan solusi. Video ini diakhiri dengan mendorong guru untuk merancang proyek mereka, menyoroti pentingnya makanan dalam kehidupan.



Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Kewirausahaan)

Video tersebut memandu guru dalam merancang modul kewirausahaan untuk siswa sekolah dasar atas, menekankan pembelajaran berbasis proyek. Ini mencakup prinsip-prinsip utama, fleksibilitas, dan langkah-langkah termasuk analisis kesiapan sekolah, penilaian diagnostik, pemilihan tema, teknik penilaian, dan inisiasi proyek. Prosesnya melibatkan keterlibatan siswa, pengujian ide, dan diakhiri dengan presentasi akhir dan refleksi.



Lampiran Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Bhinneka Tunggal Ika)

Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI)

Lampiran Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI)

Merancang/ Memodifikasi Modul Projek SD (Bangunlah Jiwa dan Raganya)




Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 3 Saat merancang modul projek, sebaiknya kita.... 
  • Memperhatikan latar belakang sekolah untuk melihat isu yang relevan 
  • Memutuskan alur kegiatan projek dapat disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan masing-masing
  • Semua salah
  • Jawaban: Semua benar
Soal 2 dari 3 Pada saat merancang modul projek, kita dapat menggunakan alur projek yang sudah disiapkan oleh pemerintah atau memodifikasinya.
Pernyataan di atas adalah... 
(Jawaban: Benar)

Soal 3 dari 3 Modul Projek dibuat dengan memperhatikan prinsip- prinsip Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Pernyataan di atas adalah... 
(Jawaban: Benar)


Cerita Reflektif
Setelah memahami cara merancang modul projek, yang akan saya lakukan adalah....
Mencoba menerapkan projek sesuai tema yang sudah ada dan disediakan oleh pemerintah namun dalam pelaksanaannya dicoba di sesuaikan dengan latar belakang lingkungan, fasilitas dan sdm sekolah, serta memperhatikan latar belakang, kesiapan, dan karakteristik peserta didik tentunya.



Post Test

Soal 1 dari 7 Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra.
Pernyataan di atas adalah..
  • a. Benar
  • b. Salah
Jawaban : A

Soal 2 dari 7 Pak Luis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi merasa butuh penambahan kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih pada kegiatan eksplorasi. Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam merancang modul projeknya?
  • a. Tidak perlu menambah kegiatan projek
  • b. Menambah asesmen yang harus dilakukan oleh murid-muridnya
  • c. Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya
  • d. Semua salah
Jawaban: C

Soal 3 dari 7 Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah:
  1. Modul Projek memliki 5 dimensi
  2. Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur
  3. Setiap kegiatan sudah memiliki pertanyaan pemantik yang tepat sasaran
Dengan kondisi modul projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan panduan projek?
  • a. Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini
  • b. Mengganti alur kegiatan projek sehingga 1 projek dapat dilakukan dalam satu tahun
  • c. Menambah dimensi menjadi 6 dimensi agar lebih holistik
  • d. Semua benar
Jawaban: A

Soal 4 dari 7 Pembuatan modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek…
  • a. Alur Kegiatan Projek
  • b. Tema, Topik dan Dimensi juga elemen dan sub-elemen yang dipilih
  • c. Rubrik asesmen dan instrumen asesmennya
  • d. Semua benar
Jawaban: D

Soal 5 dari 7 Dalam pelaksanaan satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi yang menjadi fokus. Pernyataan diatas adalah…
  • A. Benar
  • B. Salah
Jawban: A

Soal 6 dari 7 SD Merdeka telah melakukan asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan sentra oleh-oleh daerah. Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra oleh-oleh tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek terkait dengan isu diatas?
  • a. Kearifan lokal
  • b. Bangunlah jiwa dan raganya
  • c. Suara Demokrasi
  • d. Bhinneka Tunggal Ika
Jawaban: A

Soal 7 dari 7 Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen ………. untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid
Jawaban yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah…
  • a. Sumatif
  • b. Awal pembelajaran
Jawaban: B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru:

Pembahasan Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A

Pembahasan Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A disertai dengan kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif, ser...

Postingan Populer