Sabtu, 07 September 2024

Pembahasan Modul Pelaksanaan Projek SD

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Marda Haninggarjati.






Pelibatan dalam pembelajaran projek

Aktivitas

Pelibatan murid dalam projek SD

Video tersebut membahas strategi untuk melibatkan siswa sekolah dasar secara aktif dalam pembelajaran berbasis proyek. Poin-poin penting termasuk membangun rasa memiliki dan memiliki, memberikan tantangan yang sesuai, membina interaksi, menggabungkan berbagai keterampilan, dan melakukan penilaian yang bermakna. Video ini juga menyoroti pentingnya refleksi dan evaluasi, dan mendorong kolaborasi dengan orang tua dan instruktur tamu. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan siswa merasa memiliki proyek mereka dan tetap terlibat selama proses berlangsung.


Pelibatan Mitra

Video tersebut membahas pentingnya melibatkan mitra dalam pembelajaran berbasis proyek untuk menyediakan aplikasi kehidupan nyata dan menumbuhkan koneksi komunitas. Ini menggunakan contoh proyek pengelolaan limbah untuk mengilustrasikan bagaimana siswa dapat memperoleh manfaat dari mengidentifikasi dan memecahkan masalah dunia nyata. Video tersebut menyoroti manfaat melibatkan anggota komunitas, seperti mengembangkan keterampilan penting abad ke-21, meningkatkan motivasi, dan membuat proyek lebih bermakna. Ini mengidentifikasi mitra potensial, termasuk orang tua, ahli, dan anggota masyarakat, dan menawarkan strategi untuk keterlibatan mereka. Berbagai bentuk keterlibatan masyarakat dibahas, termasuk bertindak sebagai ahli, klien, dan peserta dalam acara terkait proyek. Video ini diakhiri dengan mendorong pendidik untuk mempertimbangkan untuk melibatkan mitra dalam proyek siswa mereka untuk meningkatkan hasil pembelajaran.

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 2 Banyak cara untuk kita melibatkan mitra dalam kegiatan berprojek, diantaranya..
  • Jawaban: Mengundang narasumber untuk berbagi pengetahuan pada murid
  • Mengajak murid untuk mencari sumber referensi belajarnya sendiri
  • Mengajak guru untuk membuat modul projek
  • Semua salah

Soal 2 dari 2 Kapankah saat yang tepat untuk melibatkan murid dalam berprojek?
  • Saat murid sedang bersemangat
  • Saat guru mengajak
  • Saat awal projek 0
  • Jawaban: Selama projek berlangsung


Cerita Reflektif Kapan Ibu/Bapak pertama kali belajar berbicara di depan orang yang belum dikenal? Bagaimana ceritanya?
Pertama kali belajar berbicara di depan orang yang belum dikenal adalah saat menduduki bangku kuliah, memang saat pertama kali terasa sangat takut gelisah dan juga susah bicara atau istilah kerennya adalah demam panggung, namun jika dilaksanaka secara rutin perasaan akan sedikit demi sedikit berkurang.



Peran Guru dalam pembelajaran Projek

Aktivitas

Peran fasilitator dalam projek

Video tersebut menguraikan peran guru sebagai fasilitator proyek, menekankan dukungan mereka dalam proses belajar siswa. Ini mencakup memahami kebutuhan unik siswa, mengajarkan keterampilan inkuiri dan penelitian, mendorong kreativitas, dan mempertahankan sikap positif dan kolaboratif. Guru juga bertanggung jawab untuk mengumpulkan sumber belajar dan menyeimbangkan kegiatan kurikuler dan proyek, memastikan penilaian selaras dengan standar. Video tersebut memberikan strategi untuk fasilitasi yang efektif untuk membantu siswa mengembangkan kompetensi selama proyek.


Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1 Sebagai fasilitator projek, sebaiknya apa yang tidak kita lakukan?
  • Membimbing murid dan mendorong progres belajarnya
  • Menyediakan sumber belajar/referensi yang cukup untuk bereksplorasi
  • Memberikan kemampuan kompetensi inkuiri
  • Jawaban: Semua salah

Cerita Reflektif Kapan Ibu/Bapak pertama kali belajar berbicara di depan orang yang belum dikenal? Bagaimana ceritanya?
Pertama kali belajar berbicara di depan orang yang belum dikenal adalah saat menduduki bangku kuliah, memang saat pertama kali terasa sangat takut gelisah dan juga susah bicara atau istilah kerennya adalah demam panggung, namun jika dilaksanaka secara rutin perasaan akan sedikit demi sedikit berkurang.


Hasil belajar projek

Aktivitas

Perayaan hasil belajar projek

Video tersebut mencakup pentingnya dan metode merayakan hasil pembelajaran proyek dalam lingkungan pendidikan. Dimulai dengan adegan pameran yang semarak di mana siswa mempresentasikan proyek mereka. Pembicara menjelaskan bahwa perayaan semacam itu melibatkan seluruh komunitas pendidikan dan merupakan kunci untuk menampilkan proses belajar siswa. Berbagai metode perayaan dibahas, termasuk festival, presentasi, dan keterlibatan ahli. Prinsip-prinsip utama untuk perayaan yang bermakna termasuk kepemilikan siswa, saling menghargai, dan penilaian otentik. Video tersebut menekankan pentingnya refleksi dalam memperkuat hasil pembelajaran dan panduan tentang metode refleksi yang efektif. Ini diakhiri dengan dorongan bagi guru untuk merencanakan perayaan yang menarik dan bermakna bersama siswa mereka.

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1 Dalam menyelenggarakn perayaan hasil belajar projek sebaiknya diberikan kesempatan dan ruang untuk menentukan jenis perayaan produk akhir projeknya.
Pernyatan di atas adalah ...
Jawaban: Benar

Cerita Reflektif Ketika menjadi murid, apakah Ibu/Bapak dibimbing mengapresiasi diri? Bagaimana perasaan ketika itu?
Ya sebenarnya kegiatan mengapresiasi diri sudah dilakukan saat saya menjadi seorang murid seperti bertepuk tangan ketika selesai melakukan tugas di depan papan kelas, ucapan terimakasih dan ataupun diajak ke tempat makan untuk merayakan keberhasilan yang sudah dilakukan.


Post Test

Soal 1 dari 8 Sebagai fasilitator projek, guru bisa memberi keterampilan proses inkuiri pada para siswa guna mendukung aktivitas projeknya. Berikut ialah tahapan yang tak termasuk di dalam tahapan proses inkuiri, yakni ...
  • A. Bertanya
  • B. Bermain
  • C. Investigasi
  • D. Refleksi dan evaluasi
Jawab yang betul ialah: B. Bermain


Soal 2 dari 8 Bagaimanakah contoh pelibatan murid yang tepat dalam kegiatan projek?
  • A Mengajak murid menentukan tahapan kesiapan satuan pendidikan
  • B Melibatkan murid dalam menentukan tim fasilitator projek
  • C Murid tinggal mengikuti segala rangkaian kegiatan yang sudah ditetapkan oleh gurunya
  • D Melibatkan murid dalam mengolah data dan umpan balik dari teman dan gurunya
Jawab yang betul ialah: D Melibatkan murid dalam mengolah data dan umpan balik dari teman dan gurunya


Soal 3 dari 8 Pelibatan murid merupakan peran yang penting untuk kita dapat membantu mereka mengalami pengetahuannya sendiri. Berikut adalah beberapa contoh pelibatan murid yang dapat kita lakukan:
  • A Melibatkan murid dalam perencanaan, pelaksanaan dan penentuan hasil akhir
  • B Selalu memantik rasa ingin tahu murid dengan memelihara rasa ingin tahunya
  • C M emberikan instruksi secara bertahap agar murid terus merasa tertantang
  • D Semua benar
Jawab yang betul ialah: D. Semua benar


Soal 4 dari 8 Untuk membantu murid mengaplikasikan kemampuannya di dunia nyata, maka murid dapat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif sebagai bagian dari masyarakat. Sebagai tim fasiilitator projek, hal yang dapat kita lakukan adalah melibatkan mitra terkait yang berhubungan dengan tema projek. Pernyataan di atas adalah....
Jawab yang betul ialah : A. Benar


Soal 5 dari 8 Untuk melibatkan murid SD dalam proses pembelajaran projeknya, tidak diperlukan upaya untuk membangun ikatan dengan murid, karena murid hanya akan melakukan projek sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh gurunya.
Pernyatan di atas adalah....
Jawab yang betul ialah: B. Salah


Soal 6 dari 8 Kegiatan belajar projek sudah hampir selesai. Kini, saatnya murid-murid melakukan perayaan hasil belajar projeknya. Mereka tidak dilibatkan untuk menentukan jenis perayaan dan juga tidak tahu siapa saja aktor yang diibatkan. Tim fasilitas projek memberikan apresiasi dan melakukan evaluasi kepada murid sesuai dengan hasil akhir projkenya.

Dari pernyataan di atas, apa yang bisa kita perbaiki terkait peryaan hasil belajar projek murid?
  • A Murid dilibatkan dalam penentuan jenis perayaan
  • B Apresiasi tidak diperlukan, pujian saja.
  • C Kegiatan refleksi sebaiknya dilakukan di awal projek saja, tidak perlu di akhir.
  • D Murid pelru dilibatkan dalam penentuan siapa saja tim fasilitas projek.
Jawab yang betul ialah: A. Siswa dilibatkan di dalam penentuan jenis perayaan


Soal 7 dari 8 Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk melibatkan murid dalam proses belajarnya. Berikut adalah beberapa langkah yang tepat untuk melibatkan murid ....
  • A Mengajak mereka untuk berefleksi di tengah kegiatan saja
  • B Memelihara rasa ingin tahu mereka dengan memberikan pertanyaan pemantik
  • C Mengajak murid untuk membantu membuat modul projek
  • D Semua Benar
Jawab yang betul ialah: B. Memelihara rasa ingin tahu mereka dengan memberikan pertanyaan pemantik


Soal 8 dari 8 Bu Margaret mengajukan pertanyaan pemantik untuk memantik rasa keingintahuan murid sehingga murid semakin terlibat dalam proses pembelajarannya. Jika tema yang diambil adalah terkait kearifan lokal, bentuk pertanyaan pemantik yang tidak tepat adalah...
  • A Apakah kearifan lokal daerah masih perlu dipertahankan di tengah perkembangan dunia yang sudah semakin maju dan modern? Mengapa?
  • B Menurutmu, apa saja kearifan lokal daerah yang perlu dilestarikan?
  • C Menurutmu, sejauh mana peran generasi muda dalam melestarikan kearifan lokal daerah?
  • D Apakah kamu sudah puas dengan budaya daerahmu?
Jawab yang betul ialah: D. Apakah kamu sudah puas dengan budaya daerahmu ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru:

MAGNET

Gaya magnet adalah gaya tarik atau gaya tolak yang dihasilkan oleh suatu medan magnet. Beberapa logam, seperti besi tertentu memiliki medan ...

Postingan Populer