Rabu, 04 September 2024

Pembahasan Modul Tema Projek SD

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Lestia Primayanti, Pia Adiprima dan Marda Haninggarjati






Tema Projek

Video tersebut memberikan gambaran rinci tentang tema proyek untuk memperkuat profil mahasiswa Pancasila, menekankan pentingnya pembelajaran holistik dan kontekstual. Ini menampilkan diskusi di antara para guru tentang perencanaan dan pemilihan tema, dan menjelaskan berbagai tema seperti gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, dan banyak lagi. Contoh praktis untuk berbagai wilayah dan tahapan pengembangan siswa diberikan, bersama dengan langkah-langkah untuk menentukan ruang lingkup proyek. Video diakhiri dengan mendorong pembelajaran lebih lanjut dan persiapan untuk implementasi proyek.


*Catatan Ada beberapa perubahan tema dan jenjang pada Panduan Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, 2022, sebagai berkut:
  1. Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya untuk jenjang SD-SMA/K
  2. Tema Kewirausahaan dan Budaya Kerja tidak ada di SMK
  3. Tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI menjadi Rekayasa dan Teknologi
Latihan Pemahaman:
  • Soal 1 dari 1 Ada berapa tema projek yang disediakan oleh pemerintah untuk dapat dipilih dari jenjang SD-SMA/K?
Jawaban: 7

Cerita Reflektif:
isu murid apa yang saat ini menjadi perhatian Ibu/Bapak?
Tentang penanaman pendidikan yang meningkatkan karakter serta daya nalar siswa agar mampu atau peka terhadap permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal siswa tersebut.



Gaya hidup Berkelanjutan (SD-SMA/K)

Video tersebut memperkenalkan modul Proyek penguatan profil mahasiswa Pancasila, dengan fokus pada tema gaya hidup berkelanjutan, berlaku untuk semua jenjang pendidikan. Ini menekankan pentingnya mengajarkan kesadaran lingkungan sejak usia dini dan merinci tujuan, manfaat, dan pengembangan keterampilan yang diharapkan dari proyek tersebut. Video ini juga menguraikan topik proyek potensial berdasarkan masalah lingkungan lokal dan menjelaskan kegiatan spesifik untuk tingkat pendidikan yang berbeda. Ini diakhiri dengan mendorong guru untuk mengembangkan dan mengimplementasikan proyek-proyek ini dengan siswa mereka.


Kearifan lokal (SD-SMA/K)

Video tersebut membahas proyek yang bertujuan untuk memperkuat profil mahasiswa Pancasila melalui tema kearifan lokal. Ini menekankan pentingnya akar budaya dan kearifan lokal di abad ke-21, terlepas dari pengaruh global pada masyarakat modern. Proyek ini melibatkan kolaborasi lintas disiplin dan bertujuan untuk mengintegrasikan konten lokal dengan subjek lain. Berbagai contoh proyek siswa di berbagai fase pendidikan disediakan, menyoroti manfaat belajar tentang kearifan lokal. Video ini diakhiri dengan mendorong para guru untuk melaksanakan proyek serupa dan merefleksikan kekayaan budaya daerah mereka.


Bhinneka Tunggal Ika (SD-SMA/K)

Video tersebut memperkenalkan tema proyek Bhinneka Tunggal Ika, yang relevan untuk semua jenjang pendidikan, untuk mempromosikan pemahaman dan penghormatan terhadap keberagaman Indonesia. Tema ini mendorong siswa untuk terlibat dengan masalah keragaman, mendorong persatuan dan kontribusi terhadap lingkungan mereka. Contoh kegiatan untuk tingkat pendidikan yang berbeda termasuk mempromosikan empati dan sosialisasi di sekolah dasar, membuat lagu bertema keragaman di sekolah menengah, dan merencanakan acara inklusif di sekolah menengah. Video ini diakhiri dengan memotivasi guru untuk menerapkan tema dalam proyek mereka.


Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP-SMA/K)

Video tersebut memperkenalkan tema proyek 'Kebangkitan Tubuh dan Jiwa' yang bertujuan untuk memperkuat profil mahasiswa Pancasila. Ini menjelaskan pentingnya mengajarkan kesejahteraan fisik dan mental kepada siswa SMP dan SMK. Tema ini mendorong siswa untuk membangun kesadaran diri dan keterampilan dalam menjaga kesehatan mereka, memungkinkan mereka untuk berkontribusi pada pembangunan global yang berkelanjutan. Video tersebut merinci bagaimana siswa dapat menerapkan pengetahuan mereka untuk mengatasi masalah terkait kesehatan di lingkungan mereka melalui penelitian, diskusi, dan kampanye. Implementasi proyek bervariasi menurut tingkat pendidikan, dengan kegiatan khusus yang dirancang untuk siswa SMP dan SMA untuk mengatasi masalah seperti cyberbullying, penyalahgunaan narkoba, dan kesehatan reproduksi. Video diakhiri dengan ajakan bertindak bagi para guru untuk mengembangkan dan mengimplementasikan tema proyek ini dengan siswa mereka.


Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD-SMA/SMK)

Video tersebut memperkenalkan modul Proyek untuk memperkuat profil mahasiswa Pancasila melalui teknik dan teknologi. Ini menekankan pentingnya tema di semua tingkat pendidikan, yang bertujuan untuk mengembangkan pemikiran kritis, kreativitas, dan keterampilan pemecahan masalah. Video ini memberikan contoh penerapan tema pada tingkat pendidikan yang berbeda, dengan fokus pada desain transportasi sungai di masa depan. Kesimpulan tersebut mendorong guru untuk mengimplementasikan tema dan membantu siswa menjadi desainer inovatif dan kontributor bagi masyarakat.


Kewirausahaan (SD-SMA/SMK)

Video tersebut memperkenalkan tema proyek kewirausahaan yang bertujuan untuk meningkatkan profil mahasiswa Pancasila dengan mendorong pembelajaran lintas disiplin dan memecahkan masalah lingkungan setempat. Ini menyoroti manfaat dari tema tersebut, seperti merancang strategi untuk potensi ekonomi lokal, menumbuhkan kreativitas, dan mengembangkan budaya kewirausahaan. Video tersebut memberikan contoh aplikasi proyek di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari kegiatan sederhana di sekolah dasar hingga mendirikan koperasi di sekolah menengah. Diakhiri dengan mendorong guru untuk mengimplementasikan tema tersebut dengan siswa mereka.


Latihan Pemahaman
Soal 1 dari 5 Berikut adalah salah satu contoh topik kewirausahaan, yaitu...
  • Membangun transportasi laut untuk masa depan
  • Kondlik mendewasakan kita
  • Jawaban:Sepatu kulit daerahku mengglobal
  • Tanaman Hidroponik.

Soal 2 dari 5 Berikut ini adalah beberapa keragaman di Indonesia, yaitu ...
  • Budaya
  • Suku
  • Agama
  • Jawaban: Semua Benar

Soal 3 dari 5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dapat dilakukan untuk jenjang SD-SMA/K. Pernyataan di atas adalah....
Jawaban: Benar

Soal 4 dari 5 Dalam tema kearifan lokal murid akan belajar memeliharan keseahtan fisik dan mentalnya. Pernyatan di atas adalah....
Jawaban: Salah

Soal 5 dari 5 Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya berkaitan dengan keragaman bangsa Indonesia dan bagaimana memperkenalkan perbedaan di antara kita. Pernyataan di atas adalah....
Jawaban: Salah

Cerita reflektif:
Tema manakah yang paling menarik menurut Ibu/Bapak? Kenapa?
Menurut saya tema yang paling menarik adalah kewirausahaan karena tema ini memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa tentang bagaimana berkreasi dan praktik langsung kegiatan yang erat kaitannya dengan kehidupan kelas setelah sekolah.



Peran Tema dalam Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Video tersebut membahas berbagai tema Proyek yang bertujuan untuk memperkuat profil mahasiswa Pancasila. Ini menguraikan tujuh tema umum dan dua tema khusus untuk sekolah kejuruan, masing-masing dirancang untuk menanamkan nilai dan keterampilan yang berbeda pada siswa. Tema-tema tersebut meliputi gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, Bhinneka Tunggal Ika, kesehatan fisik dan mental, demokrasi, teknologi dan teknik, serta kewirausahaan. Video ini memberikan panduan untuk memilih dimensi dan elemen dalam setiap tema dan menekankan pentingnya mengadaptasi tema-tema ini untuk menumbuhkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam pembangunan global yang berkelanjutan.

*Catatan: Ada beberapa perubahan tema dan jenjang pada Panduan Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, 2022., sebagai berkut:
  1. Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya untuk jenjang SD- SMA/K
  2. Tema Kewirausahaan dan Budaya Kerja tidak ada di SMK
  3. Tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI menjadi Rekayasa dan Teknologi
Latihan Pemahaman
Soal 1 dari 1 Pemilihan dimensi untuk masing-masing tema bersfiat mutlak. Guru tidak boleh mengganti dimensi yang telah ditetapkan untuk setiap tema.
Penyataan di atas adalah....
Jawaban: Salah


Cerita reflektif: Kualitas apa yang paling Ibu/Bapak ingin ada pada murid?
Kualitas yang diinginkan saya terhadap murid khususnya di tingkat sekolah dasar adalah memunculkan daya nalar kepada siswa serta peningkatan kemampuan dalam berwirausaha sehingga menuntut anak tersebut untuk mengasah kreatifitas dan memunculkan ide-ide yang luar biasa.


Post Test
Soal 1 dari 6 Pak Ngakan dan tim fasilitator projek sedang menyusun pembelajaran projek di SD Cipta Pesona. Bagaimana sebaiknya mereka menyusun pelaksanaan tema projek dalam setiap fase?
  • A Pada fase A kedalaman topik akan berfokus pada kegiatan praktik dan pemahaman sederhana
  • B Sebaiknya fase A , B dan C dibuat sama saja kedalaman pembahasan topiknya
  • C Kedalaman pembahasan topik pada fase C sudah tidak perlu melibatkan guru sebagai pembimbing projeknya 0
  • D Fase A tidak perlu ada projek
Jawaban: A

Soal 2 dari 6 Pada Sekolah Dasar (SD) terdapat beberapa tema yang dapat diambil dalam kegiatan projek, kecuali..
  • A Suara demokrasi
  • B Bhinneka Tunggal Ika
  • C Kearfian lokal
  • D Kewirausahaan
Jawaban: A

Soal 3 dari 6 Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. Meksipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. Pernyataan diatas adalah...
Jawaban: Benar

Soal 4 dari 6 Satuan Pendidikan tempat Pak Hans mengajar berada dalam lingkungan masyrakat yang homogen. Masyarakatnya belum begitu mengenal keragaman budaya, agama, ras ataupun suku. Tim fasilitas projek ingin memperkenalkan keragaman masyarakat kepada para murid melalui projek. Tema apa yang dapat diambil?
  • A Kearifan Lokal
  • B Bangunlah Jiwa dan Raganya
  • C Suara Demokrasi
  • D Bhinneka Tunggal Ika
Jawaban: D

Soal 5 dari 6 Manakah yang bukan termasuk dalam tema projek yang sudah disediakan oleh pemerintah?
  • A Gaya Hidup Berkelanjutan dan Bhinneka Tunggal Ika
  • B Suara Demokrasi dan Bangunlah Jiwa dan Ragayanya
  • C Kewirausahaan dan Budaya Lokal
  • D Kearifkal Lokal dan Suara Demokrasi
Jawaban: B

Soal 6 dari 6 Contoh topik manakah yang cocok untuk diterapkan jika kita ingin mengambil tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya?"
  • A Stop perundungan dengan bermedia sosial yang bijak
  • B Kota dan transportasi impianku
  • C Dodol yang mendunia
  • D Bhinneka Tunggal Ika dalam sekolah
Jawaban: A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru:

Pembahasan Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A

Pembahasan Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A disertai dengan kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif, ser...

Postingan Populer