Minggu, 08 September 2024

Pembahasan Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A

Pembahasan Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A disertai dengan kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif, serta post test.





Penjelasan:
  • Topik ini berisikan alur penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Dari mulai penentuan dimensi, tema, perancangan asesmen, modul projek hingga pelaporan hasil belajar projek profil.
  • Dengan memahami topik ini, Anda diharapkan dapat memahami, merancang dan melaksanakan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila di satuan pendidikan
  • Untuk melengkapi pemahaman mengenai topik ini, lakukan aksi nyata dalam bentuk mengeksplorasi tema, dimensi, dan elemen projek, serta memodifikasi modul projek

Pembahasan Modul Pelatihan
Silakan gunakan blog ini untuk mempelajari modul sesuai urutan.











Pilih Aksi Nyata Untuk Topik: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A

Merancang/Memodifikasi Modul Projek [Guru]
  1. Tentukan tema, topik dan dimensi PPP yang dipilih untuk kegiatan projek (pastikan pemilihan sesuai dengan kebutuhan konteks satuan pendidikan Anda).
  2. Rancang atau modifikasilah modul projek sesuai kondisi satuan pendidikan Anda.
  3. Pastikan komponen-komponen penting modul projek sudah terpenuhi
  4. Praktikkan modul projek yang sudah Anda buat di kelas (pilihlah beberapa pertemuan untuk dipraktikkan kemudian mintalah umpan balik)
  5. Mintalah umpan balik/refleksi dari murid secara tertulis dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
  6. Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi: a) Modul projek yang Anda buat/modifikasi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran; dan b) umpan balik/refleksi dari murid.
  7. Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.
  8. Pastikan Anda sudah mengunggah aksi nyata yang diekspor sesuai panduan ini.

Merancang/memodifikasi rubrik asesmen projek bersama murid [Guru]
  1. Identifikasi kebutuhan murid dan satuan pendidikan Anda.
  2. Pilihlah satu modul projek milik satuan pendidikan Anda/contoh modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah.
  3. Pilihlah satu jenis asesmen dalam modul projek tersebut, rancanglah rubrik untuk asesmen tersebut sesuai dengan hasil identifikasi satuan pendidikan Anda.
  4. Libatkanlah murid dalam menyusun rubrik
  5. Setelah selesai membuat rubrik bersama murid, mintalah umpan balik/refleksi dari murid secara tertulis dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
  6. Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi: a) Modul projek yang Anda pilih; b) Rubrik yang Anda rancang/modifikasi; c) umpan balik/refleksi dari murid
  7. Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.
  8. Pastikan Anda sudah mengunggah aksi nyata yang diekspor sesuai panduan ini.

Menentukan Tema, Topik, Dimensi, elemen dan sub-elemen dalam Projek [Guru dan Kepala Sekolah]
  1. Tentukan tema, topik, dimensi, elemen dan sub-elemen yang dipilih untuk kegiatan projek (pastikan pemilihan sesuai dengan kebutuhan konteks satuan pendidikan Anda).
  2. Libatkanlah murid/rekan guru saat menentukan tema, topik, dimensi, elemen dan sub-elemen. Gunakanlah hasil identifikasi satuan pendidikan sebagai landasan diskusi.
  3. Mintalah umpan balik/refleksi dari murid/rekan guru secara tertulis dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
  4. Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi: a) Hasil asesmen diagnostik kebutuhan murid dan satuan pendidikan; b) Hasil diskusi penentuan tema,topik, dimensi, elemen dan sub-elemen PPP; c) Umpan balik dari murid/rekan guru
  5. Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.
  6. Pastikan Anda sudah mengunggah aksi nyata yang diekspor sesuai panduan ini

Menentukan tim fasilitas projek, alokasi waktu dan tahapan kesiapan satuan pendidikan [Kepala Sekolah]
  1. Buatlah forum diskusi dengan guru
  2. Bersama dengan guru, bentuklah tim fasilitator projek.
  3. Lakukanlah identifikasi kebutuhan satuan pendidikan untuk menentukan alokasi waktu projek dan tahapan kesiapan satuan pendidikan
  4. Mintalah umpan balik/refleksi dari guru secara tertulis dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
  5. Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi: a) Hasil diskusi penentuan tim fasilitas projek, alokasi waktu dan tahapan kesiapan satuan pendidikan; b) umpan balik/refleksi guru.
  6. Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.
  7. Pastikan Anda sudah mengunggah aksi nyata yang diekspor sesuai panduan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru:

MAGNET

Gaya magnet adalah gaya tarik atau gaya tolak yang dihasilkan oleh suatu medan magnet. Beberapa logam, seperti besi tertentu memiliki medan ...

Postingan Populer