Bermain di Lingkunganku



A.    Identitas:
Kelas     : 2 (Dua)
Tema      : Bermain di Lingkunganku
B.     Kompetensi Dasar
1.      Pendidikan kewarganegaraan
·         Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
·         Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila
·         Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
·         Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
2.      Pendidikan Agama
·         Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
·         Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
·         Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
·         Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
3.      Matematika
·         Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokan dan benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
·         Mengetahui ukuran lama waktu di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan menggunakan satuan waktu
·         Memecahkan masalah secara efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya
4.      Bahasa Indonesia
·         Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
·         Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
·         Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
·         Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
5.      Seni Budaya Keterampilan
·         Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
·         Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
·         Memahami budaya dan bahasa daerah di tempat tinggalnya
·         Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna
·         Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
C.     Karakter siswa yang diharapkan:
1.      Disiplin (Discipline)
2.      Tekun (Diligence)
3.      Tanggung jawab (Responsibility)
4.      Ketelitian (Carefulness)
5.      Kerja sama (Cooperation)
6.      Toleransi (Tolerance)
7.      Percaya diri (Confidence)
8.      Keberanian (Bravery)

No comments:

Post a Comment